Menurunkan gula darah, ini 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang sudah terbukti

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:35 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Menurunkan gula darah, ini 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang sudah terbukti

KONTAN.CO.ID - Manfaat air kelapa tak hanya sebagai penghilang rasa dahaga dan dehidrasi. Tapi, air kelapa memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh. 

Cairan dalam buah kelapa mengandung banyak elektrolit, mineral, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kebugaran tubuh. 

Lantas, apa saja manfaat air kelapa bagi kesehatan?

7 Manfaat air kelapa bagi kesehatan

Nah, berikut ini 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian, dikutip dari Healthline:

1. Sumber beragam nutrisi

Pertama, manfaat air kelapa yakni sebagai sumber berbagai nutrisi penting. Kelapa tumbuh di iklim tropis di pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera, dan secara botani dianggap sebagai buah.

Air kelapa adalah cairan yang ditemukan di tengah kelapa muda berwarna hijau. Ini membantu menyehatkan buah. 

Saat kelapa matang, yang memakan waktu sekitar 10-12 bulan, sebagian cairan tetap ada sementara sisanya matang menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa. 

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun juga ditemukan pada buah yang matang. Itu sebabnya, kelapa yang masih hijau menyediakan lebih banyak air. 

Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Jangan bingung dengan santan, yang dibuat dengan menambahkan air ke daging kelapa parut. Santan mengandung sekitar 50% air dan cukup tinggi lemaknya.

Baca Juga: Suka Seafood? Yuk, Intip Resep Lezatnya Udang Bumbu Rujak

2. Kaya antioksidan

Berikutnya, manfaat air kelapa yakni sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel selama metabolisme. Produksi mereka meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh biasanya rentan terhadap radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko beragam penyakit. 

3. Mengatur gula darah

Manfaat air kelapa yang juga baik untuk gula darah. Penelitian menunjukkan, air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah pada hewan yang diteliti.

Manfaat air kelapa lainnya adalah sumber magnesium yang baik, yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Ini minuman yang baik dan buruk untuk dikonsumsi penderita kolesterol

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru