Mudik Lebaran 2022, Simak 5 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Smartphone Anda

Senin, 25 April 2022 | 12:27 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Mudik Lebaran 2022, Simak 5 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Smartphone Anda

ILUSTRASI. Warga membuka aplikasi PeduliLindungi untuk mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 internasional di Jakarta, Senin (31/1/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.


KONTAN.CO.ID - Menjelang mudik lebaran 2022, tentunya sangat penting untuk menyiapkan semua perlengkapan termasuk aplikasi di smartphone Anda. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang akan sangat membantu Anda selama perjalanan mudik lebaran 2022. 

Di tahun 2022, kini masyarakat sudah diperbolehkan untuk mudik lebaran ke kampung halamannya masing-masing. Setelah 2 tahun pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat tidak diperbolehkan mudik demi menekan penyebaran virus Corona. 

Meski tahun ini masyarakat diperbolehkan untuk mudik, ada beberapa aturan pemerintah yang harus dipatuhi dan Anda ketahui. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark, Coba 5 Bahan Alami Ini

Melansir dari laman resmi Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa pengisian Elektronik Heath Alert Card (eHAC) di aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat mudik di seluruh moda transportasi baik darat, laut dan udara, Selasa (12/4/2022). 

Untuk itu tentunya Anda wajib menginstal aplikasi PeduliLindungi supaya bisa melakukan perjalanan mudik lebaran 2022. Selain itu, ada beberapa aplikasi yang penting untuk diinstal, di antaranya: 

1. PeduliLindungi 

PeduliLindungi adalah salah satu aplikasi yang wajib diinstal di smartphone Anda sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran 2022. Pasalnya, pemerintah menghimbau seluruh masyarakat untuk melakukan pengisi eHAC di aplikasi PeduliLindungi tersebut. 

Selain itu beberapa tempat biasanya mengharuskan Anda melakukan scan QR di aplikasi tersebut. Untuk itu, aplikasi PeduliLindungi penting untuk di instal untuk menunjang persiapan mudik lebaran 2022.

2. Map 

Aplikasi map juga penting untuk diinstal sebelum Anda melakukan perjalanan mudik lebaran 2022. Khususnya bagi Anda yang menempuh perjalanan darat menggunakan kenderaan pribadi. 

Pasalnya, aplikasi map akan sangat membantu perjalanan mudik Anda. Contohnya, menghindari kesalahan jalan, menghindari kemacetan, bahkan mencari jalan tercepat untuk bisa segera sampa ke tempat tujuan Anda. 

Baca Juga: Kurang Subur? Simak 7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Ini

3. Travel Online 

Aplikasi travel online juga tidak kalah penting untuk disiapkan menjelang mudik lebaran 2022. Khususnya bagi Anda yang akan menggunakan transportasi umum, aplikasi ini terbilang sangat penting. 

Pasalnya, Anda bisa memangkas waktu dan antrean untuk mendapatkan tiket perjalanan melalui aplikasi travel online. Hal tersebut tentunya membuat Anda tak perlu repot-repot datang ke loket tiket dan mempercepat perjalanan mudik lebaran Anda. 

4. Transportasi Online 

Di era yang terbilang serba modern, mungkin aplikasi transportasi online menjadi salah satu kebutuhan. Khususnya saat akan melakukan perjalanan mudik, untuk berjaga-jaga dan menghindari masalah di perjalanan saat mudik, penting untuk mempunyai aplikasi transportasi online di smartphone Anda. 

Contohnya, jika kendaraan Anda mogok atau mengalami masalah lainnya. Anda bisa memanfaatkan aplikasi transportasi online untuk mengantarkan keluarga hingga mengatasi masalah kendaraan Anda sekalipun. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan, Apa Saja?

5. Hiburan

Agar perjalanan mudik lebaran Anda menyenangkan, aplikasi hiburan jangan sampai dilewatkan. Contohnya seperti aplikasi streaming video, film, hingga musik yang membuat perjalan mudik lebaran tahun ini menjadi lebih menyenangkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru