Musim hujan tiba, ini cara mengusir nyamuk yang bermunculan

Selasa, 02 November 2021 | 12:00 WIB Sumber: Kompas.com
Musim hujan tiba, ini cara mengusir nyamuk yang bermunculan


KONTAN.CO.ID - Moms, seiring musim penghujan, wajar jika makin banyak nyamuk berkeliaran di pemukiman. Bahkan, kadang sampai mengganggu aktivitas kita, dan menularkan penyakit. 

Selama musim penghujan, nyamuk semakin mudah menemukan genangan air yang digunakannya untuk berkembang biak. Berikut ini tips yang bisa dicoba untuk membebaskan rumah dari nyamuk saat musim penghujan seperti dilansir dari Asiaone, Jumat (29/10). 

Periksa genangan air 
Jika memiliki pot bunga yang diletakkan di luar, periksa apakah pot tersebut telah menampung air hujan. 

Ini tidak hanya berlaku untuk pot bunga, periksa juga penutup panggangan, tempat sampah luar ruangan, talang atau apa pun, bahkan tutup botol yang bisa mengumpulkan genangan kecil air. 

Baca Juga: Pandemi Covid-19 mereda, saat ini jadi momentum tepat menggencarkan vaksinasi

Tambahkan insektisida butiran pasir ke tempat-tempat di mana genangan air tidak dapat dihilangkan, seperti pot bunga, vas, dan talang atap. Untuk yang tinggal di apartemen atai flat, kamu juga harus melakukan pengecekan pada balkon dan juga bak kamar mandi. 

Bersihkan rumput dan gulma 
Nyamuk senang mencari keteduhan di bawah semak-semak dan rumput tinggi agar tidak kering dan dehidrasi. Untuk itu, pangkaslah rumput liar dan gulma di taman sehingga tak ada lagi tempat untuk nyamuk bersembunyi. 

Tutup pintu dan jendela 
Tingkat kelembapan yang tinggi menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi nymuk untuk berkembang biak. Karena itulah menutup pintu dan jendela adalah hal yang terbaik. 

Cara lainnya, pasang kasa magnet dan velcro mesh yang dapat ditarik atau dilepas sehingga kamu tetap mendapatkan udara alami dari jendela. 

Baca Juga: 4 Jenis jamur yang bisa diolah jadi masakan enak, catat ya!

Tanam sejumlah tumbuhan ini 
Tanaman dan herba tertentu memiliki khasiat yang dapat membantu mengusir pengisap darah yang mengganggu ini di dalam ruangan atau ruangan kecil. Selain bisa mengusir nyamuk, sederet tanaman berikut ini juga akan membuat rumahmu menjadi lebih wangi: 

Lavender 
Aroma lavender mungkin berbau harum bagi kebanyakan orang, tetapi nyamuk tidak menyukainya. 

Rosemary 
Aroma rosemary tidak hanya akan mengusir nyamuk, tetapi juga menciptakan bau yang harum yang menenangkan bagi semua yang ada di ruangan. 

Serai 
Aromanya yang kuat membuat serai menjadi pengusir serangga alami. Untuk membantu mengusir nyamuk, biasanya ditanam di sepanjang jalan setapak dan dekat dengan area tempat duduk. 

Pelargonium 
Juga dikenal sebagai "tanaman nyamuk", ini adalah persilangan antara Sereh Cina dan Geranium Afrika. Dedaunannya, yang menyerupai pakis, mengandung minyak serai wangi dan mengeluarkan aroma lemon yang bisa mencegah nyamuk. 

Marigold 
Marigold mengandung senyawa yang disebut pyrethrum, bahan yang ditemukan di banyak penolak serangga. Tanaman ini akan memancarkan aroma yang dibenci serangga. (Sumber: Kompas.com Penulis Dian Reinis Kumampung | Editor Dian Reinis Kumampung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Musim Hujan Datang, Begini Tips Mengusir Nyamur di Rumah"

Selanjutnya: Tak banyak yang tahu, coba 4 pelembab untuk kulit kering ini, yuk

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru