Pakai 6 bahan ini sebagai cara mengecilkan pori-pori

Selasa, 20 Juli 2021 | 09:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai 6 bahan ini sebagai cara mengecilkan pori-pori

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam masalah kulit dapat Anda alami. Salah satunya adalah ukuran pori-pori kulit yang terlihat besar. Supaya kondisi kulit tetap terjaga, ada banyak cara mengecilkan pori-pori yang perlu Anda coba.

Jika perawatan kulit tidak Anda lakukan, bukan tidak mungkin pori-pori besar mengakibatkan masalah kulit yang lain. Misalnya, penumpukan kotoran dalam kulit yang semakin banyak, muncul komedo atau jerawat, dan lain sebagainya.

E Times (timesofindia.indiatimes.com) merekomendasikan beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan. Selain memperkecil ukuran pori-pori kulit, nutrisi yang terkandung dalam bahan alami ini juga efektif menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Pisang

Kulit pisang masih bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori, lo. Antioksidan yang terkandung dalam kulit pisang memberikan efek baik untuk kesehatan kulit. Tak hanya itu, kalium juga terdapat dalam kulit pisang sehingga masalah kulit lain dapat teratasi.

Untuk mendapat manfaat tersebut, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit dengan gerakan memutar. Usahakan untuk tidak menggosokkannya terlalu kencang supaya kulit tak iritasi. Lakukan langkah tersebut selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kantung mata ini mudah dicoba, lo

Kunyit

Melansir E Times, ukuran pori-pori kulit dapat mengecil jika Anda menggunakan kunyit secara rutin. Selain itu, menggunakan kunyit juga mampu meredakan inflamasi dan melawan infeksi bakteri. Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit.

Pertama, campur 1 sdt bubuk kunyit dengan sedikit air. Aduk hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada kulit Anda. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya bisa mendapat hasil maksimal.

Susu dan Oatmeal

Mengeksfoliasi kulit wajah dengan susu dan oatmeal bisa jadi salah satu langkah memperkecil ukuran pori-pori. Alasannya karena bahan alami itu mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Caranya, masukkan 2 sdm oatmeal dan 1 sdm susu dalam satu wadah. Aduk rata lalu aplikasikan pada kulit. Diamkan dulu selama beberapa saat kemudian gosok secara perlahan. Setelah itu, bersihkan sisa masker dengan air dingin.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan bisa pakai 5 bahan ini

Lemon dan Timun

Mentimun dan bahan alami yang lain dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori.

Cara mengecilkan pori-pori selanjutnya adalah dengan mengkombinasikan lemon dan timun. Kandungan dalam bahan-bahan alami itu efektif mengecilkan ukuran pori-pori. Dengan begitu, kondisi kulit wajah menjadi terlihat lebih muda.

Anda perlu mencampur 2 sdm ekstrak timun dan 1 sdm air perasan lemon terlebih dahulu. Aplikasikan campuran itu pada kulit wajah menggunakan kapas. Diamkan dulu sampai kering kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Selanjutnya: Bisa dicoba di rumah, cek 4 cara menghilangkan komedo ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru