Pakai bahan alami, begini 4 cara menghilangkan karang gigi

Jumat, 16 Juli 2021 | 20:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, begini 4 cara menghilangkan karang gigi


KESEHATAN - Cara menghilangkan karang gigi perlu segera Anda lakukan. Selain membuat warna gigi berubah, karang gigi juga bisa mengakibatkan masalah pada gusi sehingga tidak baik untuk kesehatan. 

Mengutip dari Emedi Health, karang gigi terbentuk karena ada penumpukan air liur, sisa makan, dan jenis kotoran yang lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membersihkan gigi secara rutin.

Namun, perlu diperhatikan bahwa cara-cara berikut ini hanya bersifat sementara. Jika karang gigi tak juga hilang dan menyebabkan masalah yang lebih serius, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Lidah buaya

Tahukah Anda bahwa lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan karang gigi? Menurut sebuah penelitian, bahan alami itu sama efektifnya dengan obat kumur klorheksidin untuk menghilangkan karang gigi.

Cobalah untuk mengaplikasikan gel lidah buaya pada gigi dan gusi. Setelah 10 menit, berkumurlah dengan air dingin. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan lidah buaya sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan gusi bengkak ini bisa dicoba di rumah

Keju

Emedi Health menyebutkan bahwa karang gigi dapat hilang dengan mengonsumsi keju. Kandungan dalam produk olahan susu itu mampu menetralkan keasaman dalam mulut sehingga karang gigi dapat berkurang.

Mineral lain yang terkandung dalam keju juga mampu meningkatkan kesehatan gigi.

Daun jambu biji

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi adalah daun jambu biji.

Selain mengurangi jumlah karang gigi, antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami itu juga efektif meredakan pembengkakan atau inflamasi di gusi.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, cuci beberapa lembar daun jambu biji lalu kunyah daun tersebut.

Pastikan agar ekstrak daun jambu biji yang keluar menjangkau seluruh bagian gusi dan gigi. Berkumurlah dengan air untuk membersihkan sisa daun jambu biji.

Baca Juga: Inilah Alasan Kesehatan Gigi Harus Dijaga Sejak Dini

Jeruk

Salah satu cara menghilangkan karang gigi adalah dengan memakai jeruk.

Karang gigi juga bisa hilang dengan memanfaatkan jeruk, lo. Asam sitrat yang terkandung dalam jenis buah itu mampu melunakkan karang gigi sehingga karang gigi semakin mudah untuk dibersihkan.

Caranya, aplikasikan air jeruk di seluruh bagian gigi, diamkan selama lima menit, lalu berkumurlah dengan air.

Selanjutnya: 4 Cara membersihkan karang gigi ini mudah dicoba, lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru