Pakai bahan alami, berikut 4 cara mengatasi rambut kering

Selasa, 13 Juli 2021 | 18:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai bahan alami, berikut 4 cara mengatasi rambut kering

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara mengatasi rambut kering yang bisa Anda coba. Selain menggunakan produk yang dijual di pasaran atau memanfaatkan pelayanan salon kecantikan, Anda juga bisa memakai bahan-bahan alami.

Anda tidak perlu khawatir karena bahan-bahan alami dalam artikel ini bisa digunakan dengan mudah. Selain mengatasi kondisi kering, beberapa bahan berikut dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan untuk memakainya secara rutin. Namun, pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu, ya. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Minyak zaitun

Laman Reader’s Digest Canada merekomendasikan minyak zaitun untuk mengatasi masalah rambut kering. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama-tama, hangatkan setengah gelas minyak zaitun.

Setelah itu, usapkan minyak zaitun itu pada seluruh bagian rambut lalu tutup dengan shower cap dan handuk. Diamkan dulu selama 45 menit kemudian bilas rambut dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: 4 Manfaat tomat untuk kesehatan, apa saja?

Cuka apel

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya bisa Anda lakukan dengan cuka apel. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur 1 sdt cuka apel dengan 2 sdm minyak zaitun dan 3 putih telur.

Aduk rata lalu aplikasikan pada rambut kemudian tutup dengan shower cap. Bilas rambut setelah didiamkan selama 30 menit.

Minyak almond

Cara mengatasi rambut kering lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan minyak almond. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak almond pada rambut basah selama 30 menit lalu bilas dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Ini 4 cara mengatasi rambut rontok, efektif dan patut dicoba

Alpukat

Alpukat bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut kering.

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Reader’s Digest adalah alpukat. Buah ini mengandung asam lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan rambut untuk tetap sehat.

Caranya, campur satu alpukat matang yang sudah dihaluskan dengan satu butir telur. Aduk hingga rata kemudian aplikasikan pada seluruh bagian rambut. Jangan lupa untuk menutup rambut dengan shower cap.

Diamkan dulu selama 20 menit lalu bilas dengan sampo. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya satu kali seminggu.

Selanjutnya: 4 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Pakai Bahan Alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru