Ini 4 cara mengatasi rambut rontok, efektif dan patut dicoba

Rabu, 02 Juni 2021 | 12:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 cara mengatasi rambut rontok, efektif dan patut dicoba

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda coba. Salah satunya dengan bahan alami./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, rambut rontok adalah hal biasa yang dialami oleh banyak orang. Namun, hal itu bisa jadi masalah jika rambut rontok lebih dari 100 helai per hari. Jika terus terjadi, bukan tidak mungkin Anda mengalami kebotakan sehingga cara mengatasi rambut rontok perlu Anda coba.

Ada banyak faktor penyebab rambut rontok parah yang bisa Anda alami. Mulai dari riwayat kesehatan keluarga, perubahan hormon dalam tubuh, kondisi kesehatan tertentu, hingga penggunaan alat penata rambut yang berlebihan.

Melansir Stylecraze (stylecraze.com), ada beberapa perawatan rambut rontok yang bisa Anda lakukan. Misalnya, terapi laser, transplantasi rambut, dan mengonsumsi beberapa jenis obat. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami berikut ini.

Yogurt

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebagai obat rambut rontok adalah yogurt. Probiotik yang terdapat dalam yogurt efektif mengatasi kerusakan rambut sehingga rambut rontok berkurang dan rambut bisa tumbuh lebih kuat.

Langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup konsumsi satu porsi yogurt yang dipenuhi dengan probiotik. Untuk mendapat hasil maksimal, tentu saja Anda perlu mengonsumsi produk olahan susu itu secara rutin.

Baca Juga: Cari cara menebalkan rambut? Pakai 5 bahan alami ini

Bawang Merah

Bawang merah juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok, lo. Melansir Stylecraze, bahan alami itu bisa mengobati kulit kepala yang mengalami masalah, apalagi yang diakibatkan oleh alopecia areata.

Pertama, parut bawang merah supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak bawang merah pada kulit kepala lalu diamkan dulu selama 30 hingga 60 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Lakukan langkah itu sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Kuning Telur

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kuning telur. Nutrisi yang terkandung dalam kuning telur mampu menstimulasi pertumbuhan rambut sehingga rambut rontok dapat berkurang.

Caranya, kocong satu kuning telur lalu aplikasikan pada kulit kepala. Diamkan dulu selama 30 menit kemudian bilas dengan sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan. Supaya hasilnya maksimal, usahakan untuk melakukan cara tersebut satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Masker rambut terbaik dari bahan alami, mau coba?

Vitamin

Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan mengonsumsi vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Cara agar rambut tidak rontok berikutnya yang patut Anda coba adalah dengan mengonsumsi vitamin tertentu. Bisa jadi rambut rontok yang Anda alami disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin tertentu. Supaya Anda bisa mendapat saran vitamin apa yang sebaiknya Anda konsumsi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi vitamin rambut yang berasal dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru