Panduan Cara Mengatasi WiFi Laptop Tidak Tersambung ke Internet dalam 7 Langkah

Sabtu, 15 Juni 2024 | 04:26 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Panduan Cara Mengatasi WiFi Laptop Tidak Tersambung ke Internet dalam 7 Langkah

ILUSTRASI.  Acer hadirkan laptop chromebook produk dalam negeri


LAPTOP - JAKARTA. Simak petunjuk dalam mengatasi WiFi Laptop yang tidak mudah tersambung ke internet. Kondisi perangkat laptop dengan gangguan jaringan internet ini bisa saja terjadi di Windows maupun Macbook.

Wi-Fi laptop yang tersambung ke internet menjadi salah satu fitur pada koneksi nirkabel antara laptop dan jaringan internet melalui sinyal Wi-Fi.

Ketika laptop terhubung ke jaringan Wi-Fi yang memiliki akses internet, dapat menggunakan laptop untuk menjelajah web, mengakses email, melakukan streaming video, mengunduh file, dan melakukan berbagai aktivitas online lainnya.

Koneksi Wi-Fi memanfaatkan teknologi nirkabel untuk menghubungkan laptop ke router atau titik akses Wi-Fi yang terhubung ke internet.

Router atau titik akses tersebut bertindak sebagai jembatan antara perangkat dan layanan internet yang disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP).

Baca Juga: 5 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows untuk Mengurangi Pemakaian Memori

Atasi WiFi Laptop tidak bisa tersambung ke Internet

Laptop

Dalam situasi ideal, setelah laptop terhubung ke jaringan Wi-Fi yang memiliki koneksi internet yang stabil, dapat mengakses internet dengan kecepatan yang sesuai dengan paket internet.

Sayangnya, beberapa pengaturan dapat menyebabkan masalah seperti WiFi Laptop tidak dapat tersambung.

Apabila laptop Anda mengalami masalah tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi, ada beberapa langkah yang dapat dicoba.

Ada beberapa panduan untuk mengatasi WiFi Laptop tidak bisa tersambung ke Internet dirangkum dari EaseUS.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Menu WiFi Laptop Hilang atau Tidak Muncul bagi Pemula

1. Periksa koneksi Wi-Fi

Pengguna wajib memastikan bahwa jaringan Wi-Fi yang ingin disambungkan aktif dan berfungsi dengan baik. Periksa apakah perangkat lain dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi tersebut.

Apabila tidak, mungkin masalahnya ada pada router atau jaringan itu sendiri. Laporkan ke pihak penyedia layanan untuk mendapatkan solusi.

2. Periksa ikon Wi-Fi

Pastikan tombol Wi-Fi pada laptop dalam posisi aktif. Beberapa laptop memiliki tombol fisik atau kombinasi tombol fungsi (Fn) untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi.

Periksa juga apakah mode pesawat (flight mode) tidak aktif, karena mode ini akan mematikan semua fungsi nirkabel pada laptop.

3. Restart perangkat

Mulai dengan merestart laptop dan router Wi-Fi. Matikan laptop, cabut sumber daya dari router (jika memungkinkan), dan biarkan keduanya mati selama beberapa detik.

Kemudian, hidupkan kembali router dan nyalakan laptop. Hal ini dapat memperbaiki masalah koneksi sederhana.

4. Perbarui driver Wi-Fi

Cek kembali apakah driver Wi-Fi pada laptop sudah diperbarui ke versi terbaru. Pengguna dapat mengunjungi situs web produsen laptop atau situs resmi produsen kartu Wi-Fi untuk mendownload dan menginstal versi terbaru dari driver tersebut.

5. Hapus jaringan Wi-Fi yang tersimpan

Masalah koneksi baru atau menggunakan jaringan umum dapat membuat profil jaringan Wi-Fi yang rusak atau korup. Pengguna bisa mencoba menghapus profil jaringan Wi-Fi yang tersimpan pada laptop dan kemudian mencoba untuk menghubungkan ulang.

Di Windows, Anda dapat melakukannya melalui Network & Internet Settings lalu buka menu Wi-Fi kemudian pada Manage known networks. Anda dapat mulai membuat profil jaringan baru.

6. Reset pengaturan jaringan

Dari langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, dapat mencoba me-reset pengaturan jaringan pada laptop.

Pada laptop Windows, Anda dapat melakukannya melalui Network & Internet Settings, kemudian buka Status dan Network untuk mulai reset. Ini akan menghapus semua pengaturan jaringan dan mengembalikannya ke konfigurasi default.

7. Hubungi layanan dukungan teknis

Nah, Anda telah mencoba semua langkah di atas dan masalah masih berlanjut, ada kemungkinan masalah terkait dengan router atau pengaturan jaringan yang lebih kompleks.

Pengguna dapat menghubungi penyedia layanan internet atau mendapatkan bantuan dari dukungan teknis.

Demikian penjelasan terkait mengatasi WiFi Laptop tidak bisa terhubung yang mudah dan praktis.

Selanjutnya: Tera Data Indonesia (AXIO) Akan Bagi Dividen Rp 46,72 Miliar, Berikut Jadwalnya

Menarik Dibaca: Cek Jadwal Sholat Jakarta Hari Ini 15 Juni 2024 dari Kemenag Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru