Pantang 5 Makanan ini, Khusus Penderita Kanker Serviks

Senin, 25 April 2022 | 10:45 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Pantang 5 Makanan ini, Khusus Penderita Kanker Serviks


KONTAN.CO.ID - Kanker serviks menjadi ancaman mematikan untuk wanita. Itu sebabnya diharapkan lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan rahim agar terhindar dari penyakit ini.  

Melakukan pola hidup sehat bisa menghindarkan dari kanker serviks. Salah satunya adalah mengatur pola makan dan menghindari makanan pantangannya.   

Dilansir dari Cancer Care, berikut ini lima makanan pantangan untuk penderita kanker serviks yang perlu Anda hindari, antara lain:  

Baca Juga: 4 Masalah Kesehatan yang Sering dialami Wanita

1. Makanan yang digoreng

Makanan pantangan untuk penderita kanker serviks yang pertama adalah makanan yang digoreng. Hal ini karena minyak goreng mengandung lemak trans yang bersifat karsinogen.  

Pengidap kanker serviks sebaiknya menghindari makanan ini.Minyak yang sudah dipakai secara berulang bisa memperburuk gejala kanker serviks.

2. Makanan cepat saji

Makanan pantangan untuk penderita kanker serviks yang kedua adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji memang dinilai menjadi makanan tepat saat Anda kelaparan.  

Namun, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji ketika Anda mengidap penyakit kanker, termasuk kanker serviks.   

3. Makanan yang dipanggang

Makanan pantangan untuk penderita kanker serviks yang ketiga adalah makanan yang dipanggang. Selain gorengan, makanan yang diolah dengan cara dipanggang juga sebaiknya dihindari.  

Jenis makanan ini bersifat karsinogen yang meningkatkan perkembangan sel-sel kanker.  

Baca Juga: Macam-Macam Kanker yang Rentan Menyerang Wanita

4. Mengonsumsi alkohol

Makanan pantangan untuk penderita kanker serviks yang keempat adalah mengonsumsi alkohol. Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.  

Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka risiko tersebut juga akan semakin meningkat. Jadi selama pemulihan, Anda perlu menghindari konsumsinya.  

5. Daging olahan

Makanan pantangan untuk penderita kanker serviks yang kelima adalah daging olahan. Sebaiknya batasi pengonsumsian daging olahan jika kamu didiagnosis mengidap kanker serviks.  

Daging olahan adalah daging yang diolah dengan dengan cara diawetkan melalui pengasinan, pengasapan, atau pengawetan.  

Jenis makanan ini memiliki kandungan pengawet yang bisa meningkatkan risiko kanker serviks serta memperburuk kondisi kesehatan.   

Inilah 5 makanan pantangan untuk penderita kanker serviks yang perlu Anda hindari dan sebaiknya tidak dikonsumsi.  

Mengenali makanan pantangan penderita kanker serviks dapat membantu pasien melewati hari-hari kesembuhannya dengan lebih baik dan sehat.   

Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar pengobatan kanker serviks atau kondisi lainnya, Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru