Perlu Anda ketahui, berikut ciri-ciri anak tumbuh dengan sehat

Senin, 02 Agustus 2021 | 21:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Perlu Anda ketahui, berikut ciri-ciri anak tumbuh dengan sehat


PARENTING - Anda mungkin sudah yakin anak tubuh dengan baik. Namun, apakah buah hati sudah menunjukkan ciri-ciri anak yang tubuh dengan sehat? 

Anak yang tumbuh sehat bukan berarti dia sedang tidak terserang penyakit tertentu. Anak menunjukkan perkembangan yang baik jika dia secara aktif mengeksplorasi hal baru dan melakukan kegiatan positif lainnya. 

Bersumber dari Instagram Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), keaktifan anak akan membantu perkembangan motorik, mental, kognitif, dan sosial mereka. 

Agar keaktifan buah hati terjaga, kesehatan mereka juga penting untuk Anda perhatikan. Berikut ini ciri-ciri anak yang tumbuh dengan sehat dikutip dari Instagram Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek:

  • Tumbuh kembang sesuai dengan usia anak

Salah satu ciri buah hati yang sehat adalah tumbuh kembang anak sesuai dengan usia. Untuk mengetahui anak tumbuh dengan baik, Anda bisa mengandalkan alat ukur yang akurat yaitu Kartu Menuju Sehat atau KMS. 

KMS berisikan catatan grafik perkembangan anak yang berdasarkan umur, berat badan, dan jenis kelamin. Panduan tersebut dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang dibuat berdasarkan pedoman dari WHO. 

KMS bisa mudah didapatkan di layanan kesehatan, seperti puskesmas, rumahsakit, atau klinik. Di era yang serba digital seperti sekarang, Anda juga bisa mendapatkan KMS dalam bentuk digital dengan mengunduh aplikasi di Play Store.

Baca Juga: Tips memilih skincare yang tepat dan aman untuk kulit dari dokter RSUA

  • Postur tubuh sempurna dan baik

Anak yang tumbuh dengan sehat memiliki postur tubuh yang tegak dan padat, tentu dengan tinggi dan berat badan yang ideal. Tubuh tegak disebabkan oleh pertumbuhan otot dan tulang yang maksimal.

Agar pertumbuhan optimal, asupan nutrisi penting untuk diperhatikan. Makanan dan minuman yang bergizi perlu diberikan kepada buah hati setiap hari agar mereka bisa tumbuh dengan baik. 

  • Rambut, kuku, dan kulit sehat dan bersih

Selain tubuh yang tegak, ciri anak yang sehat juga terlihat dari rambut, kuku, dan kulit mereka. Rambut yang mudah rontok dan kusam menjadi salah satu tanda anak yang tidak sehat.

Kuku anak yang tumbuh dengan baik berwarna merah muda dan tidak rapuh. Selain itu, kulit anak sehat juga terlihat lembap, tidak bersisik, dan kering. 

Baca Juga: Lowongan kerja di BRT Trans Jateng, ada posisi untuk lulusan SMP dan SMA

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru