CLOSE [X]

Perut Buncit Bisa Berbahaya! Begini 12 Langkah Mencegahnya

Sabtu, 19 Maret 2022 | 05:56 WIB Sumber: Kompas.com
Perut Buncit Bisa Berbahaya! Begini 12 Langkah Mencegahnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perut buncit memang mengganggu penampilan. Itu sebabnya, setiap orang perlu segera mengambill langkah untuk mulai menjalankan berbagai cara mencegah perut buncit. 

Selain untuk alasan penampilan, tujuan lain menjaga perut agar tidak buncit adalah demi lebih meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik. 

Sebelum mengenali berbagai langkah pencegahannya, ketahui dulu beberapa bahaya perut buncit bagi kesehatan. 

Bahaya perut buncit 

Setiap orang pasti memiliki lemak di sekitar perutnya. Namun, Anda perlu waspada apabila lemak yang menumpuk di perut berlebihan. Kondisi ini bisa jadi tanda obesitas sentral. 

Menurut Kementerian Kesehatan, pria dianggap memiliki obesitas sentral apabila memiliki perut buncit dengan lingkar perut di atas 90 centimeter, sedangkan untuk wanita, ambang batasnya di atas 80 centimeter. 

Perut buncit karena penumpukan lemak di perut bisa berbahaya karena jenis lemak ini berbeda dengan lemak yang menumpuk di bagian tubuh lainnya. 

Baca Juga: Cukup dengan 3 Gerakan, Cara Ini Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita

Perlu diketahui, lemak yang menumpuk di perut adalah jenis visceral. Lemak ini dapat melepaskan hormon yang bisa meningkatkan beberapa risiko penyakit kronis. 

Dilansir dari Healthline, beberapa bahaya perut buncit akibat menumpuknya lemak visceral di perut, antara lain: 

  • Meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 
  • Meningkatkan risiko penyakit jantung 
  • Meningkatkan risiko beberapa jenis kanker 

Mengingat beberapa bahaya perut buncit, pastikan Anda tidak menyepelekan masalah kesehatan ini. 

Baca Juga: Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh

Cara mencegah perut buncit 

Cara mencegah perut buncit tumpuan utamanya dengan menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat, berikut beberapa di antaranya:

1. Hindari makanan dan minuman berpemanis 

Dilansir dari MedicineNet, segala jenis makanan dan minuman berpemanis memiliki kandungan gula yang tinggi. Gula atau pemanis tambahan ini bisa mengurangi laju pembakaran lemak. 

Untuk itu, sebisa mungkin hindari makanan dan minuman manis. 

2. Pantang makanan olahan, beku, dan cepat saji 

Makanan olahan, instan, beku, dan cepat saji umumnya minim nutrisi tapi tinggi kalori. 

Beberapa di antaranya juga banyak mengandung tepung yang membuat gula darah melonjak. Untuk itu, hindari atau minimalkan konsumsi makanan olahan, beku, dan cepat saji. 

Baca Juga: 10 Olahraga yang Cepat untuk Mengecilkan Perut Buncit

3. Bangun rutinitas olahraga dan aktif bergerak 

Penyebab perut buncit utamanya dari minimnya aktivitas fisik dan jarang olahraga. Untuk mencegahnya, coba bangun rutinitas olahraga minimal 30 menit setiap hari. Tak perlu olahraga muluk-muluk. Cukup jalan kaki, renang, atau jogging. 

4. Tidur cukup dan berkualitas 

Tidur kurang dari lima jam atau berlebihan di atas delapan jam per hari rentan meningkatkan berat badan. Untuk itu, pastikan Anda tidur berkualitas selama enam sampai tujuh jam per hari. 

Baca Juga: Ingin Perut Rata Tanpa Minum Obat? Coba Rutin Minum 3 Minuman Ini di Pagi Hari

5. Kendalikan stres 

Stres dan banyak pikiran menyebabkan pelepasan hormon stres kortisol, menurunkan kualitas tidur, dan memicu gangguan makan. Ketiganya bisa memicu perut buncit. 

Untuk mencegahnya, coba kendalikan stres dengan meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga, dll. 

6. Jangan minum minuman beralkohol 

Konsumsi alkohol berlebihan bisa menghambat pembakaran lemak. Lemak yang tidak terbakar ini bisa menumpuk di perut dan menyebabkan perut buncit. Jadi, sebaiknya jangan minum minuman beralkohol agar perut tidak buncit. 

7. Setop merokok 

Seperti alkohol, rokok juga bisa melokalisasi lemak menumpuk di perut. Selain memicu perut buncit, kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes, kanker, dan jantung. Untuk itu, setop merokok. 

Baca Juga: 11 Olahraga yang Cocok Untuk Diet, Efektif Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

8. Hindari makan berlebihan 

Kebiasaan makan berlebihan bisa membuat sisa kalori menumpuk di dalam tubuh, termasuk jadi perut buncit. Jadi, hindari makan berlebihan. Usahakan berhenti makan sebelum kekenyangan.

9. Coba puasa intermiten 

Puasa intermiten adalah pengaturan pola makan dengan cara puasa menggunakan jangka waktu tertentu secara rutin. Puasa ini apabila diimbangi gaya hidup sehat terbukti menurunkan berat badan dan bantu menghilangkan perut buncit. 

10. Pilih pola makan yang tepat 

Konsumsi makanan tinggi protein sehat seperti ikan laut yang kaya omega 3 tinggi untuk membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, kacang-kacangan, atau nasi merah. 

Jangan lupa selalu menyertakan buah dan sayur setiap makan. Hindari lemak jenuh Jangan mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan, makanan cepat saji, susu full cream, jeroan, dll. Sebagai penggantinya, pilih lemak sehat seperti minyak zaitun atau ikan laut. 

11. Minum banyak air putih 

Minum banyak air putih bisa membantu menjaga metabolisme tubuh, mencegah kebiasaan mengemil berlebihan, dan meredam keinginan mengonsumsi asupan manis. 

Coba berbagai cara mencegah perut buncit di atas. Ingat, lakukan secara konsisten setiap hari agar hasilnya lebih optimal. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Cara Mencegah Perut Buncit, Perlu Konsisten Setiap Hari"
Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru