Punya banyak manfaat, ini 4 cara membuat masker tomat

Kamis, 12 Agustus 2021 | 07:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Punya banyak manfaat, ini 4 cara membuat masker tomat

ILUSTRASI. Ada banyak cara membuat masker tomat yang mudah untuk Anda coba.


KECANTIKAN - JAKARTA. Ada banyak manfaat tomat yang bisa Anda dapat. Anda bisa mengonsumsi bahan alami itu atau mengolahnya dulu menjadi masker. Dengan memakai masker tomat secara rutin, kesehatan kulit bisa tetap terjaga.

Tomat mengandung beragam nutrisi penting yang Anda butuhkan untuk merawat kulit. Selain mengandung banyak vitamin A, tomat juga memiliki likopen yang bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Melansir India.com, antioksidan dalam tomat juga efektif memperbaiki kondisi sel kulit yang rusak. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, masker bisa Anda buat dengan mengombinasikan tomat dan bahan alami yang lain.

Tomat, Susu, Kelapa

Tomat, susu, dan kelapa bisa dipakai untuk Anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Masker tomat itu mampu melembabkan dan membersihkan sel kulit mati secara maksimal. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit.

Pertama, gunakan blender untuk mencampur sebuah tomat, 2 sdm susu, dan setengah gelas parutan kelapa. Setelah itu, gosokkan masker pada kulit wajah dan leher secara perlahan. Diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan bisa pakai 5 bahan ini

Tomat dan Pepaya

Bagi pemilik tipe kulit kombinasi, tak ada salahnya untuk rutin memakai masker yang terbuat dari tomat dan pepaya. Kandungan dalam bahan-bahan alami itu mampu menyamarkan noda hitam di kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Caranya, haluskan delapan hingga 10 potong pepaya lalu tambahkan ekstrak tomat. Aduk rata hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada kulit wajah. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Bisa dicoba di rumah, cek 4 cara menghilangkan komedo ini

Tomat dan Lemon

Masker tomat bisa Anda kombinasikan dengan lemon.

Masker tomat juga bisa Anda buat dengan mencampurnya bersama lemon, lo. Mirip seperti poin sebelumnya, kombinasi tomat dan lemon efektif mencerahkan warna kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak tomat dan 2 sdm lemon pada kulit selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

Tomat dan Madu

Jika Anda ingin mengatasi kulit kusam, cobalah untuk memakai masker yang terbuat dari tomat dan madu. Caranya, campur ½ tomat matang dengan 1 sdm madu. Aduk rata hingga berbentuk pasta, aplikasikan pada kulit, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan flek hitam ini bisa dicoba di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru