Sejarah IDI dan Ucapan Hari Dokter Nasional 24 Oktober 2023, Yuk Unggah di Sosmed!

Selasa, 24 Oktober 2023 | 04:09 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah IDI dan Ucapan Hari Dokter Nasional 24 Oktober 2023, Yuk Unggah di Sosmed!

ILUSTRASI. Ucapan Hari Dokter Nasional 2023. 


KESEHATAN - Hari Dokter Nasional 2023 diperingati pada 24 Oktober sekaligus bertepatan dengan berdirinya organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ucapan Hari Dokter Nasional 2023 bisa diunggah di media sosial untuk merayakan lahirnya IDI. 

Sejarah Hari Dokter Nasional yakni pada 24 Oktober 1950, Ikatan Dokter Indonesia resmi berdiri dengan dasar hukum yang sah. 

Dicetuskannya Hari Dokter Nasional ini bertepatan dengan berdirinya IDI yang dinilai sebagai organisasi profesi kedokteran di mana para pemimpin dan anggotanya hanya dokter Indonesia dan tidak ada lagi dokter asing (Belanda).

Selain itu, Hari Dokter Nasional juga menjadi bukti bahwa profesi dokter merupakan profesi mulia dan sekaligus menjadi sarana bagi kelompok profesi ini untuk menjaga tradisi kemuliaan. 

Ucapan Hari Dokter Nasional 2023 bisa diunggah di media sosial untuk memperingati momen tersebut. 

Lantas, seperti apa contoh ucapan Hari Dokter Nasional 2023 dan sejarah Hari Dokter Nasional? 

Baca Juga: Apakah Gula Merah Lebih Sehat dari Gula Putih? Cek Manfaat Brow Sugar untuk Kesehatan

Sejarah IDI 

Sejarah IDI

IDI adalah sebuah organisasi profesi kedokteran di Indonesia. Organisasi yang menaungi para dokter seluruh Indonesia ini berafiliasi dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI.

Sejarah IDI dan awal mula adanya Hari Dokter Nasional dimulai dengan lahirnya perkumpulan para dokter di Indonesia pada 1911 yang bernama Vereniging van Indische Artsen

Dirangkum dari laman IDI, pada 1926, perkumpulan ini memiliki nama baru yaitu Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen (VIG).

Selanjutnya, pada masa pendudukan Jepang tahun 1943, VIG dibubarkan dan diganti menjadi Jawa izi Hooko-Kai. Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Baca Juga: Selain Obat Dokter, Ini Cara Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi Secara Alami

Kemudian, pada 30 Juli 1950, PB Perthabin (Persatuan Thabib Indonesia) yang diketuai Dr. Abdoelrasjid dan DP-PDI (Perkumpulan Dokter Indonesia) menyelenggarakan rapat.

Atas usul Dr. Seno Sastromidjojo dibentuklah panitia penyelenggara Muktamar Dokter Warganegara Indonesia (PMDWNI), yang diketuai Dr. Bahder Djohan. 

Panitia ini bertugas menyelenggarakan "Muktamar Dokter Warganegara Indonesia". 

Tujuan muktamar ini untuk mendirikan suatu perkumpulan dokter warga negara Indonesia dan wadah representasi dunia dokter Indonesia, baik dalam maupun keluar negeri. 

Selanjutnya, pada 22 hingga 25 September 1950, muktamar pertama Ikatan Dokter Indonesia (MIDI) digelar di Deca Park yang kemudian menjadi gedung pertemuan Kotapraja Jakarta.

Baca Juga: 15 Twibbon HUT IDI ke-73 Tahun, Dirgahayu Ikatan Dokter Indonesia

Sebanyak 181 dokter WNI dari seluruh Indonesia menghadiri Muktamar tersebut. Dalam muktamar IDI itu, Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo terpilih menjadi Ketua Umum IDI pertama.

Pada 24 Oktober 1950 Dr. Soeharto, Dr. Sarwono Prawirohardjo, Dr. R. Pringgadi, Dr. Puw Eng Liang, Dr. Tan Eng Tie, dan Dr. Hadrianus Sinaga menghadap notaries R. Kadiman untuk memperoleh dasar hukum berdirinya perkumpulan dokter dengan nama Ikatan Dokter Indonesia.

Kata ‘Ikatan” yang terdapat dalam nama perkumpulan ini merupakan usul yang dikemukakan Dr. R. Soeharto. 

Dalam periode pengurusan IDI ini, Dr. Tan Eng Tie yang menjabat sebagai bendahara IDI ditugaskan membeli gedung IDI di Jalan Sam Ratulangie, Jakarta dari seorang warga Negara Belanda seharga Rp 300.000. 

Sejak itulah, pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melayarkan bahtera organisasinya ditempat tersebut.

Baca Juga: 4 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan, Apakah Gula Merah Lebih Sehat dari Gula Putih?

Ucapan Hari Dokter Nasional 2023

Sementara itu, berikut kumpulan ucapan Hari Dokter Nasional 2023 dan ucapan selamat HUT IDI 2023: 

1. Hari Dokter Nasional menjadi bukti bahwa profesi dokter merupakan profesi mulia dan sekaligus menjadi sarana bagi kelompok profesi ini untuk menjaga tradisi kemuliaan. Selamat Hari Dokter Nasional 2023. 

2. Hari Dokter Nasional 2023. Terima kasih para dokter dan segenap tenaga kesehatan untuk pengabdian tanpa pamrih, juga keteguhan untuk berada di garis depan menghadapi pandemi. Dedikasi para dokter dan tenaga kesehatan yang sepenuh hati telah menyelamatkan rakyat dan negeri ini.

3. Hari Dokter Nasional 2023. Terima kasih para pahlawan kesehatan. Terima kasih selalu terjaga menghadapi hal yang tidak terduga untuk menolong sesama. 

Baca Juga: Awas! Diabetes Merusak Ginjal, Simak Cara Mengobati Diabetes Pada Pria & Wanita

4. Terima kasih untuk dedikasinya, dokter-dokter kebanggan bangsa. Selamat Hari Dokter Nasional 2023.

5. Selamat Memperingati Hari Dokter Nasional. Untuk itu marilah kita senantiasa mendoakan mereka para dokter agar tetap terjaga kesehatannya demi bisa menopang kesehatan Negara Republik Indonesia.

6. Selamat Hari Dokter Nasional. Terima kasih atas baktimu untuk negeri.

7. Hari Dokter Nasional 2023. Menolong adalah sebuah perbuatan yang mungkin tidak pernah bisa diukur dengan angka, satuan dan lainnya. Begitu pula dengan banyaknya kebahagiaan yang telah diberikan oleh para dokter untuk melahirkan senyum-senyum hangat setiap orang.

8. Selamat Hari Dokter Nasional, para pejuang! Jadilah sosok yang selalu bersemangat untuk mengabdi demi kesehatan negara dan bangsa ini.

Baca Juga: Simak 6 Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Melihat Layar Perangkat

9. Selamat Hari Dokter Nasional, Dirgahayu Ikatan Dokter Indonesia. Semoga semakin maju, semakin sukses, dan terus menjadi rujukan bagi kita menjaga kesehatan masyarakat.

10. Selamat Hari Dokter Nasional tahun 2023 para dokter Indonesia. Terima kasih telah memberikan pengabdian yang tulus demi membangun negara Indonesia yang sehat.

11. Hari Dokter Nasional 2023. Terimakasih untuk semua perjuangan dan dedikasi seluruh dokter dan tenaga medis di Indonesia semoga lelah kita menjadi amal kebaikan. 

12. Selamat Hari Dokter Nasional, 24 Oktober 2023. Terima kasih atas segala bakti, dedikasi, jerih payah dan pengorbanan yang tiada henti dalam menolong masyarakat, utamanya mereka yang sedang terbaring karena pandemi.

13. Terima kasih tak terhingga, serta penghormatan yang setinggi-tingginya untuk para dokter di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari untuk Kesehatan Pencernaan

14. IDI terbentuk pada 24 Oktober 1950 dan tepat berusia 73 tahun pada hari ini. Tetap solid dan maju terus IDI!

15. Selamat Hari Dokter Nasional! Terima kasih tak terhingga untuk para dokter telah tulus berbakti di seluruh negeri. 

16. Hari Dokter Nasional 2023. Perjuangan para dokter menjadi bagian dari tak terpisahkan untuk membangun dan memajukan Indonesia!

17. Hari Dokter Nasional 2023. Terima kasih untuk semua pengorbanan tak kenal lelah sampai detik ini.

Demikian kumpulan ucapan Hari Dokter Nasional 2023 dan sejarah Hari Dokter Nasional yang diperingati setiap 24 Oktober. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru