Sering Kesemutan? Simak 4 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

Minggu, 12 Juni 2022 | 05:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Sering Kesemutan? Simak 4 Penyebab yang Mungkin Anda Alami


KESEHATAN - Kesemutan adalah hal yang wajar terjadi yang dialami seseorang. Penyebab kesemutan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain itu, Anda harus waspada jika terlalu sering mengalami kesemutan. 

Pasalnya, jika sering mengalami kesemutan hal tersebut mungkin saja menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh Anda. Oleh karena itu penting mengetahui penyebab kesemutan, meski terlihat ringan dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. 

Penyebab kesemutan yang mungkin Anda alami juga tidak semua disebabkan oleh gangguan kesehatan. Namun, jika frekuensi terlalu sering itulah yang harus menjadi catatan dan sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. 

Baca Juga: 4 Makanan yang Menyehatkan Bagi Penderita Asam Lambung, Mau Coba?

Melansir dari Health Grades, berikut beberapa penyebab kesemutan yang perlu diketahui: 

Kecanduan Alkohol

Perlu Anda ketahui, kecanduan terhadap minuman beralkohol mempunyai risiko yang dapat mengganggu sistem saraf. Oleh sebab itu, kecanduan alkohol dapat menjadi salah satu penyebab Anda sering kesemutan yang perlu diwaspadai. 

Selain menjadi salah satu penyebab kesemutan, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga berbahaya bagi kesehatan tubuh lainnya. 

Kecelakaan 

Dilansir dari Health Grades, kecelakaan yang menimbulkan kerusakan dibeberapa organ tubuh juga dapat menjadi penyebab frekuensi kesemutan menjadi lebih sering. Khususnya yang berkaitan dengan sistem saraf, seperti patah tulang, punggung terluka, hingga gejala tumor juga perlu Anda waspadai.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang baik juga dapat menjadi salah satu penyebab Anda sering kesemutan loh. Hal tersebut dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan merubah gaya hidup menjadi lebih baik. 

Pernyakit Tertentu

Selain kecelakaan, terdapat penyakit tertentu juga yang bisa menjadi penyebab Anda sering merasa kesemutan. Jenis penyakit yang dimaksud contohnya seperti gangguan fungsi kelenjar tiroid dan stroke. 

Penyebab kesemutan tersebut tentu tidak bisa dianggap sepele. Selain itu, biasanya jika Anda mengalami kesemutan yang disebabkan oleh faktor di atas, akan muncul gejala-gejala lain seperti mati rasa, halusinasi, kesulitan berbicara hingga pingsan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru