Sila Anda coba, 4 makanan ini efektif menurunkan gula darah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:50 WIB Sumber: Healthline
Sila Anda coba, 4 makanan ini efektif menurunkan gula darah

ILUSTRASI. Oat salah satu makanan yang efektif menurunkan gula darah. KONTAN/Alri Kemas.


GULA DARAH - Bagi penderita pradiabetes dan diabetes, diet adalah bagian utama dari menurunkan gula darah yang sehat. Beberapa makanan berikut ini bisa menjadi pilihan untuk menurunkan gula darah.  

Meskipun faktor-faktor, seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika, juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, melakukan diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah. 

Sementara beberapa makanan bisa berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain bisa mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Berikut empat makanan yang bisa menurunkan gula darah, melansir Healthline:

Baca Juga: Hindari gula, begini 5 cara mudah mengecilkan perut

1. Seafood 

Makanan laut, termasuk ikan dan kerang, menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga yang bisa membantu mengatur kadar gula darah. 

Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang.  

Plus, protein dapat membantu mencegah makan berlebihan dan meningkatkan kehilangan lemak tubuh berlebih, dua efek yang penting untuk kadar gula darah yang sehat. 

Asupan tinggi ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, telah terbukti membantu meningkatkan regulasi gula darah. 

Misalnya, sebuah penelitian pada 68 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang mengonsumsi 26 ons (750 gram) ikan berlemak per minggu mengalami perbaikan kadar gula darah pasca makan yang signifikan dibanding mereka yang mengonsumsi ikan tanpa lemak. 

Baca Juga: Cukup minum air putih, begini 3 cara sederhana mencegah gula darah tinggi

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru