Sila Anda coba, ini 4 makanan untuk penderita asam lambung

Rabu, 17 November 2021 | 22:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sila Anda coba, ini 4 makanan untuk penderita asam lambung

KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik bisa menimbulkan banyak masalah yang mengganggu kenyamanan Anda. Salah satu cara mengatasinya yang bisa Anda coba: mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk penderita asam lambung.

Umumnya, asam lambung naik ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari heartburn atau muncul sensasi terbakar dari perut hingga mulut, nyeri dada, sakit tenggorokan, hingga muncul rasa pahit di sekitar tenggorokan dan mulut.

Di bawah ini, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi secara teratur supaya gejala asam lambung itu tidak terus Anda alami. Selain itu, mengonsumsi makanan berikut ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Serat

Mengonsumsi makanan berserat adalah salah satu cara mengobati asam lambung yang perlu Anda coba.

Mengutip dari TIF Procedure, serat dapat menyerap cairan di sistem pencernaan sehingga jumlah asam lambung menjadi lebih terkontrol. Sumber serat yang bisa jadi opsi adalah buah atau sayuran.

Baca Juga: Menyembuhkan sakit perut, coba rekomendasi 6 obat maag ini

Lemak sehat

Salah satu makanan untuk penderita asam lambung adalah alpukat.

Selanjutnya, makanan yang kaya akan lemak sehat termasuk dalam daftar makanan untuk penderita asam lambung. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat, minyak zaitun, dan lain-lain.

Tidak hanya membuat Anda kenyang, makanan tersebut juga dapat meredakan peradangan di sistem pencernaan.

Sayuran hijau

Menurut TIF Procedure, asam lambung naik dapat Anda atasi dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau. Mulai dari brokoli hingga asparagus.

Selain mengandung sedikit lemak, kandungan dalam sayuran hijau pun efektif menetralkan asam lambung karena bersifat alkalin.

Hampir semua jenis sayuran aman dikonsumsi penderita asam lambung. Namun, bukan berarti Anda bisa mengolahnya dengan cara yang sembarangan, ya.

Hindari mengolah sayuran hijau dengan minyak yang mengandung banyak lemak. Tidak memakkai bawang merah dan bawng putih juga perlu Anda lakukan.

Baca Juga: Terbuat dari bahan alami, berikut 4 obat batuk kering

Buah yang tidak asam

Buah yang tidak asam, seperti jeruk, adalah makanan untuk penderita asam lambung.

Buah yang tidak asam bisa jadi makanan untuk penderita asam lambung. Jenis buah yang dimaksud adalah lemon, nanas, jeruk, dan lain-lain.

Bukan tanpa alasan, jenis buah itu memiliki banyak asam asetat yang tidak baik untuk kesehatan lambung Anda. Jika Anda mau makan buah, cobalah untuk makan pisang atau melon.

Selanjutnya: Kinerja keuangan cemerlang, simak rekomendasi saham CTRA

Editor: Belladina Biananda
Terbaru