Simak 6 Cara Mengatasi Nyeri setelah Gym atau Workout dengan Benar

Rabu, 17 April 2024 | 11:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Simak 6 Cara Mengatasi Nyeri setelah Gym atau Workout dengan Benar

ILUSTRASI. Olahraga atau gym


KESEHATAN - JAKARTA. Ketahui cara mengatasi nyeri setelah workout yang mengganggu. Pemulihan tubuh setelah bergerak dalam intensitas tinggi penting untuk jangka panjang.

Nyeri setelah latihan di gym, yang sering disebut sebagai DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness, adalah respons alami tubuh terhadap aktivitas fisik yang baru atau intensitas latihan yang meningkat.

Nyeri ini umumnya muncul 24-72 jam setelah latihan dan dapat dirasakan sebagai ketegangan atau kekakuan otot di area yang dilatih.

Penyebabnya termasuk peradangan mikroskopis dan kerusakan jaringan otot akibat tekanan yang diberikan pada otot selama latihan.

Baca Juga: Ini Bahaya Menahan Buang Air Besar dan Kecil, Cek Cara Mengontrolnya

Cara mengatasi rasa nyeri setelah gym

Lari di treadmill

Proses ini sebenarnya merupakan bagian dari pembentukan otot yang lebih kuat dan tahan lama, karena otot-otot akan pulih dan menjadi lebih kuat setelah mengalami stres tersebut.

Untuk mengurangi nyeri setelah gym, berikut beberapa tips yang dapat membantu dilansir dari laman UK Health Care.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Turunkan Asam Lambung Tanpa Obat

1. Istirahat yang cukup

Beri tubuh waktu untuk pulih dengan memberikan istirahat yang cukup antara sesi latihan yang intens.

2. Pemanasan dan pendinginan yang baik

Pentingnaya untuk melakukan pemanasan sebelum latihan untuk mempersiapkan otot Anda dan pendinginan setelah latihan untuk membantu mengurangi ketegangan otot.

3. Perlahan-lahan tingkatkan intensitas latihan

Anda perlu menghindari meningkatkan intensitas latihan secara drastis, tetapi tingkatkan secara bertahap untuk memberi waktu bagi tubuh Anda untuk beradaptasi.

4. Pijatan atau foam rolling

Pijatan lembut atau menggunakan alat foam roller dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

5. Konsumsi nutrisi yang tepat

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama protein, karbohidrat, dan air, untuk mendukung pemulihan otot. Anda bisa mencari asupan protein dari susu hingga daging merah.

6. Beristirahat cukup

Meskipun istirahat adalah penting, tetapi beristirahat secara aktif dengan berjalan-jalan ringan atau melakukan latihan ringan seperti yoga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan otot.

Apabila nyeri setelah gym berlangsung lebih dari beberapa hari atau sangat mengganggu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi kondisi dan mendapatkan saran yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru