Tak perlu obat apotek, 5 cara mengatasi flu ini pakai bahan alami

Jumat, 24 September 2021 | 10:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak perlu obat apotek, 5 cara mengatasi flu ini pakai bahan alami

ILUSTRASI. Makan bawang putih berguna sebagai cara mengatasi flu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika Anda mencari cara mengatasi flu, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya kesehatan tubuh tak memburuk.

Flu adalah salah satu jenis infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Anda mungkin akan mengalami hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan kondisi yang lain. Agar kondisi tubuh tak memburuk, beberapa cara mengatasi flu perlu Anda lakukan.

Perlu diingat bahwa cara-cara dalam artikel ini cuma sebagai pelengkap, ya. Apabila flu dan kondisi tubuh Anda tak membaik dalam beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, perawatan yang tepat bisa Anda dapat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi flu. Mulai dari minum jus sayur, mengonsumsi bawang putih, dan lain sebagainya. Lakukanlah beberapa cara ini dengan teratur supaya kesehatan tubuh bisa terjaga.

Minum Jus Sayur

Nafsu makan Anda dapat menurun saat terinfeksi flu. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan jadwal makan, ya. Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi supaya sistem imun tubuh tak ambruk. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jus sayur.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan lendir di tenggorokan pakai bahan alami

Konsumsi Bawang Putih

Mengutip dari Web MD (webmd.com), mengonsumsi bawang putih bisa jadi salah satu cara mengatasi flu. Alasannya karena kandungan dalam bawang putih mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga infeksi flu dapat teratasi dengan baik.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung atau mencampurnya dengan makanan yang Anda konsumsi. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat bawang putih tersebut.

Minum Teh Panas

Flu juga bisa Anda atasi dengan minum teh panas, lo. Ada banyak jenis teh herbal yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya teh hijau. Jenis teh itu mengandung banyak antioksidan yang mampu mengatasi berbagai gejala flu.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi batuk yang bisa Anda coba di rumah

Konsumsi Jahe

Bahan alami berikutnya yang direkomendasikan Web MD untuk mengobati flu adalah jahe. Kandungan dalam jenis rempah itu efektif meredakan inflamasi atau peradangan sehingga efek flu dapat terobati dengan baik. Tidak berhenti sampai di situ, jahe juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi mual.

Makan Pisang

Makan pisang termasuk cara mengatasi flu.

Cara mengatasi flu berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan pisang. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau melumatkannya terlebih dahulu supaya lebih mudah dimakan. Selain mengobati flu, kandungan dalam pisang juga mampu mengobati diare.

Itulah beragam cara mengatasi flu tanpa minum obat-obatan apotik. Bila sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Selanjutnya: 15 Gejala badai sitokin pada pasien Covid-19, wajib waspada!

 

Editor: Belladina Biananda
Terbaru