Tak perlu operasi, begini 4 cara menghilangkan kutil

Rabu, 03 November 2021 | 15:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak perlu operasi, begini 4 cara menghilangkan kutil

ILUSTRASI. Lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kutil.


KESEHATAN - JAKARTA. Kutil memang tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh. Namun, kemunculannya bisa mengganggu penampilan. Anda bisa mencoba berbagai macam cara menghilangkan kutil, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Health Shots (healthshots.com) menyebutkan bahwa kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh HPV atau human papillomavirus. Kutil bisa muncul di bagian kulit mana pun, misalnya jari, tangan, wajah, dan terkadang di area alat kelamin.

Di bawah ini ada beberapa pilihan bahan alami penghilang kutil yang dapat Anda coba. Namun, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Membicarakannya dulu dengan dokter juga bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan begitu, risiko efek samping, seperti alergi, dapat Anda hindari.

Lidah Buaya

Asam malat, salah satu senyawa dalam lidah buaya, efektif digunakan untuk menghilangkan kutil. Antibakteri dan antiinflamasi dalam bahan alami itu pun efektif mengurangi rasa gatal dan sakit yang muncul di sekitar kutil. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya secara teratur.

Baca Juga: Cara mengobati kutil secara alami, bisa pakai bawang putih, cuka apel, nanas dll

Bawang Putih

Cara menghilangkan kutil selanjutnya bisa Anda lakukan memakai bawang putih. Ada berbagai jenis kandungan dalam bawang putih yang berguna untuk Anda. Mulai dari antiseptik, antialergi, antibiotik, antiinflamasi, dan lain-lain.

Kulit Pisang

Kulit pisang berguna sebagai cara menghilangkan kutil.

Bahan alami berikutnya yang direkomendasikan Health Shots sebagai penghilang kutil adalah kulit pisang. Kalium yang ada di kulit pisang dikenal dapat melawan HPV. Apalagi kulit pisang juga dipenuhi dengan antimikroba dan antivirus.

Langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, pastikan area kutil dalam keadaan bersih. Setelah itu, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kutil. Anda perlu melakukannya secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh Anda

Cuka Apel

Cuka apel jadi bahan alami lain yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan kutil. Asam asetat dan kandungan lain dalam cuka apel mampu melawan infeksi virus. Selain itu, cuka apel juga efektif merusakan jaringan kulit sehingga kutil lebih mudah terlepas dari kulit Anda.

Pertama, celupkan kapas dalam cuka apel kemudian tempelkan pada kutil. Anda bisa menggunakan perban supaya kapas tak mudah lepas saat Anda mendiamkannya semalaman. Namun, karena kandungan asam yang cukup tinggi, Anda perlu melakukan uji coba dulu.

Selanjutnya: Selain obat dan operasi, ini bahan alami untuk menghilangkan kutil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru