Tanpa Obat Apotik, Berikut Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Agar Tak Kambuh Lagi

Rabu, 22 Februari 2023 | 19:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tanpa Obat Apotik, Berikut Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Agar Tak Kambuh Lagi


KESEHATAN - Asam lambung adalah kondisi yang sering diderita banyak orang. Selain diatasi dengan obat dari apotik, ada beberapa obat alami asam lambung yang bisa dicoba di rumah.

Obat asam lambung alami ini mudah dan murah. Cara mengobati asam lambung dengan cepat dan alami juga minim dengan efek samping.

Gejala asam lambung biasanya meliputi mulas, cegukan, dan seperti ada rasa logam di mulut. Selain itu, ada rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Meredakan Perut Kembung, Ini Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Pencernaan

Seorang dengan asam lambung yang parah mungkin saja menderita penyakit yang disebut gastroesophageal reflux (GERD). Meski bukan penyakit fatal, penyakit asam lambung juga perlu diwaspadai.

Mengatasi gejalanya dengan obat alami asam lambung pun bisa jadi alternatif. Namun, apabila mengalami asam lambung yang terus-menerus atau berulang segera periksakan diri ke dokter.

Lantas, apa obat alami asam lambung?

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab Mulut Pahit dan Cara Mengatasinya

Obat alami asam lambung

Nah, berikut ini beberapa obat alami asam lambung sebagaimana dilansir dari laman Medical News Today:

1. Berhenti merokok

Obat asam alami asam lambung yaitu tidak merokok. Hal ini karena merokok memiliki efek negatif pada kesehatan. Namun, orang mungkin tidak menyadari bahwa asap, bahkan asap rokok, dapat meningkatkan resiko asam lambung.

Sfingter esofagus bagian bawah (LES) adalah katup antara kerongkongan dan perut. LES menghentikan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Menurut beberapa penelitian, merokok mengurangi tekanan pada LES, memungkinkan terjadi asam lambung. Berhenti merokok akan menormalkan tekanan ini, mengurangi kemungkinan asam lambung.

Baca Juga: Bisa Obati Radang, Cek Segudang Kegunaan Kunyit untuk Kesehatan

2. Menghindari zat pemicu

Obat alami asam lambung kedua yaitu jaga pola makan. Cara mengobati asam lambung dengan cepat dan alami yang bisa Anda coba adalah tidak mengonsumsi zat-zat pemicu asam lambung naik.

Makanan dan minuman tertentu dapat memicu asam lambung. Sebab, dapat meningkatkan produksi asam lambung atau mengurangi kemampuan LES untuk menghentikan aliran asam ke kerongkongan.

Menghilangkan makanan pemicu asam lambung ini dapat membantu mengurangi frekuensi atau keparahan gejala refluks asam mereka.

Baca Juga: 9 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Zat pemicu asam lambung meliputi:

  • Kopi
  • Alkohol
  • Daun mint
  • Tomat
  • Makanan berlemak
  • Makanan pedas

Baca Juga: 6 Minuman Pantangan Buat Penderita Maag yang Bisa Buat Asam Lambung Melonjak

3. Teknik pernapasan

Obat asam lambung alami yang juga bisa Anda coba yakni mengatur pernapasan. Rasa cemas dapat memperburuk gejala asam lambung.

Sehingga, penderita asam lambung sebaiknya mengatur pernafasan untuk mengurangi rasa cemas. Caranya, tariklah napas dalam-dalam dan tenangkan diri saat asam lambung naik.

Meski tetap tenang tidak akan menghentikan asam lambung, namun hal ini bisa membantu seseorang menghindari gejala yang lebih parah.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Bikin Asam Lambung Tinggi Kembali Jinak

4. Jahe

Salah satu obat alami asam lambung dari tumbuhan adalah jahe. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengatasi mual, muntah, dan gejala lainnya.

Namun, meski bisa jadi obat alami asam lambung, jangan mengonsumsi jahe terlalu banyak. Berikut beberapa alternatif konsumsi jahe sebagai obat asam lambung alami:

Baca Juga: Terbukti secara Ilmiah! 5 Teh Herbal Ini Efektif Mengobati Batuk

  • Menambahkan jahe ke air panas untuk membuat teh jahe
  • Menambahkan jahe ke dalam tumisan
  • Merebus jahe dalam sup
  • Parut dan campur jahe ke salad atau sereal
  • Orang yang tidak menyukai rasa jahe dapat menutupinya dengan memasukkan jahe ke dalam makanan yang memiliki rasa kuat.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur yang Perlu Anda Ketahui

5. Mempertahankan berat badan ideal

Makan makanan yang seimbang adalah untuk membantu mengatur berat badan ideal. Menjaga berat badan tetap seimbang adalah salah satu obat alami asam lambung.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara obesitas dan peningkatan risiko terkena asam lambung.

Alasannya adalah kelebihan lemak di sekitar area perut memberi tekanan pada perut, membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menahan asam.

Baca Juga: Maag Sering Kambuh? Berikut Cara Meredakan Penyakit Maag

6. Mengunyah permen karet setelah makan

Mengunyah permen karet setelah makan juga menjadi salah satu obat alami asam lambung. Studi pada 2005 menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan frekuensi menelan, meningkatkan tingkat pembersihan asam lambung di kerongkongan.

Mengunyah juga meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu melemahkan asam lambung. Itulah alasan permen karet cocok untuk dijadikan obat asam lambung alami.

Orang dengan asam lambung juga harus menghindari permen karet rasa mint karena ini juga dapat memperburuk gejala.

Baca Juga: 15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin

7. Mencoba teh herbal

Obat alami asam lambung yakni minum teh herbal.

Obat alami asam lambung yakni minum teh herbal. Beberapa minuman, termasuk kopi dan alkohol, dapat meningkatkan gejala asam lambung.

Namun, teh herbal tanpa kafein dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya asam lambung. Teh herbal juga dapat membantu memperbaiki pencernaan dan meredakan gejala seperti pusing atau mual.

Baca Juga: Jika Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

Teh herbal yang populer dipakai sebagai obat alami asam lambung meliputi:

  • Teh kamomil
  • Teh licorice
  • Teh hijau
  • Teh adas
  • Teh buah

Namun, penderita asam lambung sebaiknya menghindari teh mint karena dapat memicu asam lambung.

Baca Juga: Moms, Kenali 4 Gejala Tipes pada Orang Dewasa biar Tidak Salah Deteksi

8. Konsumsi makanan berserat tinggi

Serat adalah bagian penting dari diet seimbang. Serat dapat membantu seseorang merasa kenyang, memperlancar pencernaan, dan meredakan gejala asam lambung.

Baca Juga: Jarang Diketahui Ternyata Daun Bawang Memiliki 12 Manfaat untuk Kesehatan

Beberapa makanan berserat yang cocok untuk alternatif obat alami asam lambung meliputi:

  • Sereal gandum
  • Bubur oat
  • Beras merah
  • Kulit kentang misalnya, pada kentang panggang
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan
  • Brokoli

Baca Juga: Cara Konsumsi Daun Mint untuk Meredakan Batuk

9. Mencatat gejala asam lambung

Mencatat kapan saja asam lambung kambuh dapat membantu seseorang merasa lebih mengendalikan tubuhnya. Selain gejalanya, penderita asam lambung dapat mencatat makanan yang telah mereka konsumsi dan kebiasaan mereka.

Pendekatan ini dapat membantu seseorang mengidentifikasi pemicu asam lambung dan dapat menghindarinya untuk mencegahnya kambuh.

Itulah sederet obat alami asam lambung yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jika obat asam lambung alami tak juga meredakan gejalanya, maka Anda sebaiknya pergi ke dokter untuk memeriksakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru