Tema Hari AIDS Sedunia 2023 dan Sejarah Hari AIDS yang Diperingati 1 Desember

Rabu, 29 November 2023 | 11:13 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tema Hari AIDS Sedunia 2023 dan Sejarah Hari AIDS yang Diperingati 1 Desember

ILUSTRASI. Tema Hari AIDS Sedunia 2023.


KESEHATAN - Hari AIDS Sedunia 2023 diperingati pada Jumat, 1 Desember 2023. Tema Hari Aids 2023 adalah "Let Communities Lead," yang artinya "Biarkan masyarakat yang memimpin". Sejarah Hari AIDS Sedunia pertama kali diadakan pada 1988 untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV dan AIDS. 

Peringatan Hari AIDS Sedunia juga untuk menghormati mereka yang terjangkit penyakit ini. 

Hari AIDS Sedunia adalah momen untuk merefleksikan kemajuan yang dicapai hingga saat ini dalam pengobatan HIV/AIDS. Serta meningkatkan kesadaran tentang tantangan untuk mengakhiri HIV/AIDS pada 2030.

Lantas, seperti apa sejarah Hari AIDS Sedunia 2023? 

Baca Juga: 32 Link Twibbon Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2023, Yuk Kampanyekan di Media Sosial!

Sejarah Hari AIDS Sedunia


Sejarah Hari AIDS Sedunia

Sejarah Hari AIDS Sedunia pertama kali dipahami sebagai sarana untuk memanfaatkan celah isu-isu kosong di media di antara momen pemilihan presiden AS tahun 1988 dan Natal.

Dirangkum dari laman Very Well Health, James Bunn, seorang jurnalis yang bertugas di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakin bahwa khalayak akan tertarik pada berita tersebut setelah hampir setahun liputan kampanye tanpa henti. 

Dia dan koleganya, Thomas Netter, memutuskan bahwa 1 Desember adalah tanggal yang ideal untuk kampanye tentang AIDS. Awalnya, fokus pemberitaan pada tema anak-anak dan remaja. 

Baca Juga: 20 Kata-Kata untuk Hari AIDS Sedunia 2023, Menyuarakan Kesadaran dan Solidaritas

Hal ini untuk meningkatkan kesadaran akan dampak AIDS dalam sebuah keluarga. Bukan hanya pada kelompok yang biasa distigmatisasi oleh media seperti kelompok homoseksual, biseksual, dan pengguna narkoba. 

Sejak 1996, peringatan Hari AIDS Sedunia diambil alih oleh PBB yang memperluas cakupan proyek menjadi kampanye pencegahan dan edukasi mengenai HIV/AIDS yang dilakukan sepanjang tahun. 

Pada 1977, UNAIDS menciptakan kampanye AIDS Sedunia dengan fokus pada komunikasi, pencegahan, dan edukasi mengenai HIV/AIDS sepanjang tahun. 

Demikian informasi mengenai tema Hari AIDS Sedunia 2023 dan sejarah Hari AIDS Sedunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru