Tidak hanya vaksinasi, ini yang perlu Anda lakukan untuk mencegah virus corona

Kamis, 19 Agustus 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak hanya vaksinasi, ini yang perlu Anda lakukan untuk mencegah virus corona

KONTAN.CO.ID - Vaksin Covid-19 memang bisa melindungi tubuh Anda dari serangan virus corona. Masih ada hal lain yang perlu Anda lakukan mencegah infeksi Covid-19.

Mengutip dari Best Life, vaksinasi memang bisa memperlambat penyebaran dan evolusi virus corona. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa meninggalkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan tetap perlu Anda terapkan untuk lebih melindungi tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Scientific Reports, memakai masker dan menjaga jarak tetap dibutuhkan, meski Anda sudah divaksin.

Protokol kesehatan tersebut mampu melindungi tubuh Anda dari infeksi virus corona varian Delta yang lebih mudah menular atau varian lain yang mungkin akan muncul.

Selain menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain, masih banyak cara mencegah virus corona lain yang bisa Anda lakukan.

Misalnya, menghindari tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi, seperti restoran, bar, atau tempat lain dengan ventilasi udara yang buruk.

Baca Juga: Setelah vaksin masih bisa terkena Covid-19, ini ciri-cirinya

Baca Juga: Tidak perlu khawatir, efek samping vaksin Covid-19 tak terlalu parah

Jika Anda terpaksa pergi ke tempat umum, selalu jaga jarak dan pakai masker. Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Anda bisa memakai sabun dan air mengalir atau memanfaatkan hand sanitizer.

Tidak berhenti sampai di situ, penting pula bagi Anda untuk selalu menjaga sistem imun tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, jangan lupa pula untuk rajin olahraga. Pilihlah jenis olahraga yang nyaman dilakukan di rumah. Dengan aktif olahraga, sistem imun tubuh menjadi lebih kuat sehingga risiko tertular virus bisa Anda hindari.

Jika Anda baru saja melakukan kontak dekat dengan pasien Covid-19 dan mengalami beberapa gejala, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke tenaga kesehatan, ya.

Bila memang dibutuhkan, cobalah untuk melakukan isolasi mandiri supaya penyebaran virus corona dapat berhenti.

Selanjutnya: 21 Gejala Covid-19 pada orang yang sudah dua kali vaksin, harus waspada!

 

Editor: Belladina Biananda
Terbaru