Tips biar anak gemar membaca buku sejak dini, orang tua perlu tahu ini

Selasa, 03 Agustus 2021 | 16:17 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips biar anak gemar membaca buku sejak dini, orang tua perlu tahu ini

ILUSTRASI. Tips biar anak gemar membaca buku sejak dini, orang tua perlu tahu ini. TRIBUNNEWS/HO

KONTAN.CO.ID -  Membaca merupakan kegiatan yang penting untuk meningkatkan pengetahuan anak. Untuk orang tua, ada tips agar anak gemar membaca sejak dini yang bisa dicoba. 

Kemampuan literasi membaca menjadi salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh pelajar. Sayangnya banyak anak-anak yang enggan membaca buku dan memilih untuk bermain gadget di waktu senggang mereka. 

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud Ristek membagikan cara mendidik anak agar gemar membaca

Bersumber dari Instagram Badan Bahasa Kemendikbud Ristek, mengajak anak membaca sejak usia dini dapat meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak. 

Hubungan ibu dengan anak akan terjalin dengan baik ketika Anda menghabiskan waktu di rumah. Kegiatan ini juga bisa dilakukan bergantian dengan ayah. 

Berikut ini tips meningkatkan minat baca anak sejak usia dini yang bisa diterapkan orang tua. 

  • Menyediakan banyak buku bacaan

Anak enggan membaca buku bisa disebabkan oleh akses yang terbatas. Agar anak terbiasa dengan buku, pastikan Anda sudah menyediakan buku bacaan yang mencukupi. 

Sediakan bahan bacaan seperti buku, majalah, komik, koran, atau bahan lainnya untuk anak. Anda bisa membuat perpustakaan mini di rumah untuk buah hati. 

Dengan cara ini, anak bisa terbiasa dekat dengan buku dan mempermudah mereka mengakses bahan bacaan.

Baca Juga: Mengenal badan usaha: Pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya

  • Meluangkan waktu

Anak-anak sangat senang meniru, karenanya Anda menjadi media terbaik agar minat baca anak meningkat. 

Luangkan waktu setiap harinya untuk membaca. Anda bisa melakukan kegiatan ini setiap pagi sebelum berangkat kerja atau pada malam hari. 

Jika Anda sudah menerapkan kebiasaan ini, anak akan dengan mudah meniru kebiasaan membaca.

  • Membacakan buku setiap hari

Ciptakan kesan bahwa membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bahkan setiap hari. 

Caranya dengan membacakan buku setelah anak selesai belajar atau sebelum tidur. Pilih bahan bacaan yang ringan agar mereka bisa mencerna dengan mudah. 

  • Menceritakan hasil bacaan

Tambah intensitas komunikasi dengan anak dengan menceritakan hasil bacaan anak. Cara ini bisa menumbuhkan minat dan ketertarikan anak pada membaca. 

Orang tua juga diminta untuk menceritakan hasil bacaannya kepada anak. Pilih cerita yang mengandung pengalaman menarik atau hal yang bisa diteladani oleh anak. 

Cara ini bisa menjadi salah satu bentuk komunikasi untuk menambag motivasu anak untuk terus menambah bacaan setiap hari.

Selanjutnya: Lowongan kerja terbaru di produsen minuman Pocari Sweat, ada posisi untuk lulusan SMA

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru