Wajib Coba, Begini 4 Cara Menghilangkan Ketombe yang Efektif

Jumat, 24 Desember 2021 | 16:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib Coba, Begini 4 Cara Menghilangkan Ketombe yang Efektif

ILUSTRASI. Berbagai jenis bahan alami dapat Anda pakai sebagai cara menghilangkan ketombe.


KESEHATAN - JAKARTA. Ketombe memang salah satu masalah rambut dan kulit kepala yang sering terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, ya. Cara menghilangkan ketombe tetap perlu Anda coba. Salah satunya adalah dengan memakai bahan alami.

Ada banyak faktor yang memperparah kemunculan ketombe. Med Life (medlife.com) mengatakan bahwa salah satu penyebab utamanya adalah jamur bernama Malassezia. Infeksi tersebut menyebabkan kulit kepala kering yang justru membuat produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Beberapa hal yang membuat kemunculan ketombe di kulit kepala Anda semakin banyak adalah jadwal mencuci rambut yang tidak rutin, rambut jarang disisir, dan tidak konsisten dalam menggunakan sampo.

Penyakit parkinson, stres, dan kondisi kesehatan lainnya juga bisa menyebabkan hal yang sama. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menghindari hal-hal tersebut. Namun, jika ketombe terlanjur muncul di kulit kepala Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Baca Juga: Pakai bahan alami, cara menghilangkan ketombe ini patut Anda coba

Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengatasi ketombe parah. Meski demikian, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti supaya bahan alami tersebut mampu mengatasi ketombe dengan baik.

Pertama, campurkan cuka apel dengan air dengan ukuran yang sama. Setelah itu, aplikasikan pada rambut yang sudah dicuci dan masih dalam keadaan basah. Setelah dipijat beberapa saat, diamkan dulu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kulit jeruk, lo. Bahan alami ini mengandung magnesium, vitamin A, kalsium, dan serat yang tak hanya mengatasi ketombe, tapi juga sehat untuk tubuh Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menggiling kulit jeruk dengan mencampurkan sedikit air lemon. Setelah berbentuk pasta, aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo antiketombe.

Baca Juga: Radang Kelopak Mata, Apa Saja Penyebab dan Gejalanya?

Lidah Buaya

Selain baik untuk kesehatan kulit, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati ketombe, lho. Menurut sebuah penelitian, kandungan di lidah buaya bisa mencegah infeksi jamur yang lebih parah. Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa meredakan inflamasi di kulit kepala.

Minyak Kelapa dan Lemon

Med Life merekomendasikan minyak kelapa dan lemon sebagai bahan alami berikutnya cara menghilangkan ketombe. Caranya, campurkan 2 sdm minyak kelapa yang sudah dipanaskan dengan air lemon. Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 20 menit.

Selanjutnya, bilas menggunakan sampo hingga benar-benar bersih. Minyak kelapa berguna untuk menutrisi rambut, sedangkan kandungan dalam lemon mampu membasmi munculnya ketombe di kulit kepala Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru