Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Cacar Monyet yang Wajib Diketahui

Sabtu, 09 Juli 2022 | 14:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Cacar Monyet yang Wajib Diketahui


KESEHATAN - Cacar monyet adalah wabah penyakit yang berasal dari virus monkeypox. Cukup banyak negara yang terserang wabah cacar monyet ini. Namun, ada beberapa cara mencegah cacar monyet yang mesti Anda ketahui.

Sebelumnya, cacar monyet adalah salah satu penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox. Sebetulnya inang utama dari virus monkeypox ini adalah monyet sehingga penyakit ini disebut cacar monyet.

Mulanya virus monkeypox ini menular dari hewan ke manusia. Oleh sebab itu, cacar monyet adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan sangat patut untuk diwaspadai.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen, Simak

Lantas bagaimana cara mencegah agar tidak terkena cacar monyet?

Melansir dari laman resmi World Health Organization, berikut beberapa cara mencegah cacar monyet yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Mengurangi Risiko Penularan dari Manusia ke Manusia

Salah satu cara yang penting untuk mencegah cacar monyet adalah dengan mengurangi risiko penularan dari manusia ke manusia. 

Selama wabah cacar monyet pada manusia, kontak dekat dengan orang yang terinfeksi adalah faktor risiko paling signifikan untuk terinfeksi virus cacar monyet. Petugas kesehatan yang merawat pasien suspek atau konfirmasi infeksi virus monkeypox, atau menangani spesimen dari mereka, harus menerapkan kewaspadaan pengendalian infeksi standar.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022
 
Mengurangi Risiko Penularan Zoonosis

Seiring waktu, sebagian besar infeksi pada manusia disebabkan oleh penularan primer dari hewan ke manusia. Kontak tanpa pelindung dengan hewan liar, terutama yang sakit atau mati, termasuk daging, darah, dan bagian lainnya harus dihindari. Selain itu, semua makanan yang mengandung daging atau bagian hewan harus dimasak dengan matang sebelum dimakan karena juga berisiko menularkan cacar monyet.

Baca Juga: 5 Tanda-Tanda Hamil yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?

Membatasi Perdagangan Hewan

Dilansir dari laman World Health Orgazation, di beberapa negara telah memberlakukan peraturan yang membatasi impor hewan pengerat dan primata non-manusia. Hewan penangkaran yang berpotensi terinfeksi monkeypox atau cacar monyet harus diisolasi dari hewan lain dan segera dikarantina.

Setiap hewan yang mungkin telah melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi cacar monyet harus dikarantina, ditangani dengan tindakan pencegahan standar dan diamati gejala cacar monyet selama 30 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru