9 Manfaat Gula Merah yang Memperbaiki Imun hingga Aliran Darah

Sabtu, 20 April 2024 | 12:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
9 Manfaat Gula Merah yang Memperbaiki Imun hingga Aliran Darah

ILUSTRASI. Gula merah


KESEHATAN - JAKARTA. Periksa beragam manfaat gula merah untuk kesehatan saat dikonsumsi secara tepat. Penggunaan gula sebagai pemanis makanan dan minuman penting untuk meningkatkan cita rasa.

Gula merah, juga dikenal sebagai gula jawa, gula aren, atau gula gondok, adalah jenis gula yang dihasilkan dari nira atau cairan manis yang diekstrak dari batang pohon aren (Arenga pinnata) atau pohon kelapa (Cocos nucifera).

Proses pembuatan gula merah melibatkan pemanasan dan penyaringan untuk menghilangkan air dan meninggalkan gula yang kental.

Gula merah mengandung gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, serta mineral seperti besi, kalsium, fosfor, dan vitamin B.

Baca Juga: Mau Kolesterol Tetap Normal? Rutin Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Manfaat gula merah untuk kesehatan

Gula merah

Gula merah biasanya memiliki warna yang gelap, bervariasi dari coklat muda hingga coklat tua, bergantung pada proses pengolahan. Rasanya manis dengan sedikit sentuhan karamel atau gurih.

Meskipun mengandung beberapa mineral dan vitamin, gula merah sebaiknya dikonsumsi dengan bijak karena kandungan gula yang tinggi.

Meski begitu, gula merah dianggap lebih baik daripada gula putih rafinasi karena memiliki lebih banyak mineral dan nutrisi.

Setelah makan, Anda dapat mengonsumsi gula merah untuk membantu melancarkan pencernaan atau mencampurnya dengan air lemon hangat untuk membantu penurunan berat badan.

Namun, konsumsi berlebihan dapat mengurangi manfaat kesehatannya. Disarankan untuk hanya mengonsumsi sejumlah kecil gula merah.

Untuk itu, cek manfaat gula merah saat dikonsumsi dengan kadar secukupnya secara rutin, dirangum dari Steemit.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Air Putih sebelum Makan Berat yang Menakjubkan

1. Cegah gangguan pencernaan

Gula merah dapat membantu pencernaan dengan mencegah gangguan pencernaan, terutama sembelit, dan melancarkan proses pencernaan.

2. Aliran Darah

Anda yang konsumsi gula merah dapat mendapatkan manfaat terkait kebersihan aliran darah. Ini juga berfungsi untuk memurnikan darah, meningkatkan hemoglobin, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Baik untuk Aliran Darah

Selain itu, ini juga meredakan gangguan kesehatan saat menstruasi dengan meredakan kram dan sakit perut serta memperlancar aliran darah.

4. Cegah Anemia

Konsumsi gula merah dapat mencegah anemia dengan menjaga kadar sel darah merah normal, menghasilkan energi, dan mencegah kelelahan.

5. Cegah Masalah Pernapasan

Gula Merah juga dapat menjadi obat untuk masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis dengan mengatur suhu tubuh dan menyediakan khasiat yang membantu sistem pernapasan.

6. Sumber Antioksidan

Konsumsi gula merah secara rutin berkontribusi untuk meningkatkan antioksidan, terutama selenium, yang mencegah efek radikal bebas dan menunda tanda-tanda penuaan.

7. Pereda Nyeri

Gula Merah dapat Meredakan nyeri sendi dan menguatkan tulang dengan mengonsumsi gula merah dengan jahe atau susu hangat.

8. Cegah Masalah Kemih

Konsumsi gula merah dapat membantu mengatasi masalah kencing dengan sifat diuretik alami dan menurunkan peradangan pada kandung kemih.

9. Kesehatan Reproduksi Pria

Gula Merah juga baik untuk kualitas sperma dengan mengurangi masalah kelemahan tubuh dan mencegah masalah kencing pada pria.

Itulah sederet informasi terkait manfaat gula merah untuk kesehatan yang wajib diketahui.

Selanjutnya: Ditopang Bisnis Anak Usaha, Kinerja Pegadaian Moncer di Kuartal I-2024

Menarik Dibaca: Dari Kartun hingga Sci-fi, Ini 7 Film tentang Isu Feminisme untuk Hari Kartini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru