Arti Minal Aidin Wal Faidzin dan Cara Menjawab Minal Aidin Wal Faidzin

Rabu, 10 April 2024 | 11:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Arti Minal Aidin Wal Faidzin dan Cara Menjawab Minal Aidin Wal Faidzin


RAMADAN - Minal aidin wal faidzin adalah ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang biasa diucapkan oleh umat Islam. Cara menjawab minal aidzin wal faidzin pun bisa disimak di sini. 

Namun, masih banyak yang belum tahu arti minal aidin wal faidzin. Biasanya, ucapan minal aidin wal faidzin diucapkan bersama dengan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum. 

Selain itu, banyak yang mengira bahwa arti minal aidin wal faidzin adalah mohon maaf lahir dan batin. 

Namun, sebenarnya arti minal aidin wal faidzin bukanlah mohon maaf lahir dan batin. Nah, sebaiknya, umat Islam juga memahami arti minal aidin wal faidzin saat memberikan ucapan tersebut di momen Lebaran.

Lantas, apa arti minal aidin wal faidzin dan bagaimana cara menjawab minal aidzin wal faidzin? 

Baca Juga: ​27 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Orang Tua yang Penuh Doa dan Makna

Arti minal aidin wal faidzin


Cara Menjawab Minal Aidin Wal Faidzin

Arti minal aidin wal faidzin sebenarnya adalah potongan doa a’alanallahu minal aidin wal faizin, yang artinya semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang orang yang kembali dan orang orang yang memperoleh kemenangan. 

Meski begitu, yang dimaksud doa ini tentu saja tetap kembali kepada fitrah di hari Idulfitri.

Dikutip dari Kompas.com (1/5/2022), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta dan pengasuh Ponpes Darul Afkar Klaten mengatakan, doa itu merupakan ucapan khas Lebaran di Indonesia. 

Syamsul menjelaskan, arti dari ungkapan doa itu adalah "Semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan".

Baca Juga: 39 Kumpulan Kata-kata Indah Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023

"Maksudnya kembali ini kembali kepada fitrah, kesucian, karena dosa selama Ramadhan dihapuskan," jelas dia.

Syamsul mengatakan, biasanya umat Islam dunia lebih sering menggunakan ungkapan 'taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim'. 

Ungkapan itu dimaksudkan untuk mendoakan sesama umat Islam agar puasanya diterima. Ia menuturkan, ungkapan taqabbalallahu minna wa minkum juga telah ada sejak zaman sahabat Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, banyak orang di Indonesia kemudian menggabungkan dua ungkapan itu menjadi 'taqabbalallahu minna wa minkum, minal wa ja'alanallah minal aidin wal faizin'.

Baca Juga: Apa Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum? Ini Cara Menjawabnya dan Ucapan Idul Fitri

Cara menjawab Minal Aidzin Wal Faidzin

Cara menjawab minal aidzin wal faidzin bisa mengucapkan hal yang serupa, yaitu minal aidin wal faizin” atau ucapan yang lebih baik. 

Dikutip dari laman Gramedia, bisa juga menjawab minal aidin wal faizin dengan aamiin, aamiin ya Rabb, atau aamiin ya Rabbal ‘aalamiin. 

Selain itu, dapat menjawab minal aidin wal faizin dengan ucapan lain yaitu kullu ‘aamin wa antum bi khair. Kullu ‘aamin wa antum bi khair artinya adalah semoga kamu berada dalam kebaikan sepanjang tahun. 

Baca Juga: Link dan Jadwal Sidang Isbat 2023, Lebaran Berapa Hari Lagi?

Kumpulan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 2024

Sementara itu, berikut adalah kumpulan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 2024 yang menggunakan kata minal aidin wal faidzin: 

1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi. Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

2. Dengan kerendahan hati, kami seluruh keluarga menghaturkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

3. Taqabalallahu minna waminkum, Shiyamana wa shiyamakum, Wa ja'alanallahu wa iyyakum, Minal Aidzin wal Faidzin. Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah.

4. Suara beduk mengiringi takbir yang menggema memuji kebesaran Allah, menyemarakkan hari kemenangan. Saya mewakili seluruh keluarga mengucapkan selamat Idul Fitri 2024, minal aidzin wal faidzin, mohon lahir dan batin.

5. Dalam beningnya hati, ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan, ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon maaf atas segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Baca Juga: 42 Ucapan Idul Fitri 2024 yang Penuh Doa dan Harapan Baik, Yuk Kirimkan!

6. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1445 Hijriah.

7. Minal‘ aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1445 Hijriah.

8. Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga tulisan ini mampu menjadi jembatan pada hari penuh kemenangan ini. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

9. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Minal ‘aidin wal Faizin. Semoga kita semua kembali suci dan menggapai kemenangan. Mohon maaf lahir dan batin.

10. Dalam beningnya hati, ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan, ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon maaf atas segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. 

Demikian arti minal aidin wal faidzin dan cara menjawab minal aidzin wal faidzin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru