Inilah cara mencuci buah yang bisa menghilangkan sisa-sisa pestisida

Selasa, 23 Maret 2021 | 04:55 WIB   Reporter: kompas.com
Inilah cara mencuci buah yang bisa menghilangkan sisa-sisa pestisida


KESEHATAN - Jakarta. Cucilah buah dan sayur sebelum dimakan. Karena, selain ada kotoran yang menempel, bisa saja ada pestisida yang tersisa di bagian luar. Simak cara mencuci buah dan sayur  yang benar agar pestisida hilang?

Sayur dan buah-buahan adalah dua sumber makanan yang dibutuhkan tubuh. Berbagai vitamin dan zat antioksidan di dalamnya diperlukan tubuh dalam proses metabolisme.

Agar kandungan ini tak tercemar zat berbahaya apapun, Anda harus cermat dan tepat dalam mencuci buah dan sayur sebelum mengonsumsinya. Karena di bahan makanan ini rawan tercemar pestisida.

Pestisida adalah zat kimia pembasmi hama yang sering disemprotkan ke tanaman buah dan sayur untuk menjaganya dari paparan hama. Pestisida sering menempel pada apel, pir, selada, bayam dan jenis buah serta sayuran lain.

Menurut penelitian, pestisida yang masuk ke dalam tubuh akan merusak sel tubuh dan menganggu kinerja organ tubuh. Jadi, pastikan Anda cuci dahulu buah dan sayur secara benar sebelum dimakan.

Mencuci buah dan sayur, terkadang tak bisa asal mengguyur dan mengusap saja. Diperlukan langkah ekstra agar seluruh lapisan pestisida luruh sempurna.

Gejala keracunan pestisida

Paparan pestisida dalam waktu lama bisa memicu beberapa gangguan kesehatan. Bahkan akan muncul gejala keracunan jika jumlah pestisida yang terkonsumsi cukup banyak.

Seperti dilansir dalam laman Medical News Today, gejala keracunan pestisida bisa bermacam-macam. Keracunan dalam kadar ringan biasanya memiliki gejala pusing, gelisah, diare, insomnia, iritasi pada mata, hidung, kulit dan tenggorokan.

Sedangkan keracunan dalam kadar sedang bisa menimbulkan gejala pandangan yang kabur, kebingungan, mual hingga muntah, dan detak jantung yang meningkat. Untuk keracunan dalam kadar berat, penderita bisa kehilangan kesadaran, gangguan pernapasan, atau luka bakar pada kulit.

Simak cara mencuci buah dan sayur agar bebas dari pestisida di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru