4 Cara Mengatasi Bau Kaki yang Perlu Anda Ketahui, Yuk Simak!

Rabu, 15 Juni 2022 | 15:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Cara Mengatasi Bau Kaki yang Perlu Anda Ketahui, Yuk Simak!

ILUSTRASI. Bau kaki.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Bau kaki adalah masalah yang cukup mengganggu dan membuat rasa percaya diri berkurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui.

Penyebab bau kaki umum adalah keringat yang terjebak saat menggunakan alas kaki, khusunya sepatu. Pasalnya, kaki juga dapat menghasilkan keringat setiap harinya. Oleh sebab itu, keringat tersebutlah yang menjadi penyebab umum bau kaki.

Selain itu kebersihan sepatu atau alas kaki juga berpengaruh terhadap aroma bau kaki yang mungkin Anda alami. Bakteri, jamur yang tumbuh di dalam alas kaki juga dapat membuat bau kaki.

Baca Juga: 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Simak!

Lantas bagaimana cara mengatasi bau kaki?

Melasir dari dari WebMD, simak beberapa cara mengatasi bau kaki yang perlu Anda ketahui:

Merendam Kaki

Jika Anda mempunyai masalah bau kaki, Anda dapat merendam kaki Anda supaya bersih. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan keringat dan berbagai bakteri yang menjadi penyebab bau kaki. 

Untuk melakukannya, campurkan setengah cangkir garam ke dalam air hangat. Jika Anda tidak memiliki garam, Anda dapat mencampur dua bagian air hangat dengan satu bagian cuka sari apel untuk mengatasi bau kaki. Lalu lakukan hal tersebut secara rutin.

Jaga Kaki Anda Tetap Kering

Bakteri menyukai dan hidup dari daerah lembap, termasuk kaki. Oleh sebab itu, bakteri dapat menjadi salah satu penyebab bau kaki. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat menggunakan bedak di kaki untuk menyerap basah supaya kaki Anda tetap kering. 

Selain itu, supaya bau kaki menghilang, cobalah untuk tidak memakai alas kaki apapun saat di rumah. Sehingga kaki Anda mendapatkan udara segar dan bau kaki akan menghilang. 

Baca Juga: 6 Cara Diet Alami Untuk Menurunkan Berat Badan, Terbukti Secara Ilmiah Loh

Praktekkan Kebersihan yang Baik

Jika Anda memiliki kaki yang bau, Anda harus mencuci kaki setiap hari. Anda bisa mencucinya saat mandi atau menggosoknya di bak mandi dengan air hangat. Keringkan kaki Anda secara menyeluruh, termasuk di antara jari-jari kaki.

Anda juga harus menjaga kuku kaki Anda bersih dan rapi, dan membuang kulit mati di kaki Anda. Ini juga dapat membantu mengurangi tempat di mana bakteri suka hidup di kaki Anda menjadi salah satu penyebab bau.

Bersihkan Alas Kaki

Membersihkan alas kaki juga penting dilakukan untuk mengatasi bau kaki. Anda harus menghindari memakai sepatu yang sama dua hari berturut-turut untuk mencegah kelembapan. Selain itu, Anda dapat mencuci sol sepatu Anda untuk membantu supaya baunya lebih baik.

Cara lain untuk membantu mengurangi bau kaki adalah dengan menggunakan semprotan disinfektan pada sepatu Anda dan membiarkannya mengering. Ini akan membunuh bakteri yang hidup di sepatu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru