4 Cara mengatasi bibir kering ini pakai bahan alami, lo

Selasa, 01 Juni 2021 | 09:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi bibir kering ini pakai bahan alami, lo

ILUSTRASI. Mentimun bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi bibir kering.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bibir manusia dilindungi oleh kulit yang lebih tipis. Hal itulah yang membuat bibir Anda lebih mudah kering dan pecah-pecah. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda coba.

Firstcry.com mengatakan bahwa ada banyak faktor yang meningkatkan risiko bibir kering. Mulai dari paparan sinar matahari, merokok, mengonsumsi jenis obat tertentu, dan dehidrasi. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama bibir kering.

Jadi, jangan lupa untuk selalu minum air putih, ya. Jika Anda sudah melakukan hal itu, bibir kering juga bisa Anda atasi dengan memanfaatkan bahan alami. Nutrisi yang ada dalam bahan alami mampu menghidrasi bibir dengan baik sehingga kondisi kulit bisa tetap terjaga.

Timun

Bahan alami pertama yang bisa Anda pakai sebagai cara mengatasi bibir kering adalah timun. Kandungan dalam timun mampu menghidrasi dan melembabkan bibir secara maksimal. Anda hanya perlu meletakkan beberapa iris timun dingin di atas bibir selama 10 menit. Lakukan cara itu satu hingga dua kali sehari.

Baca Juga: 6 Bahan ini cocok jadi cara memerahkan bibir secara alami

Selai Kacang

Selai kacang juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir kering, lo. Jenis makanan itu mengandung asam lemak yang efektif menutrisi kulit. Tak hanya itu, kandungan dalam selai kacang juga mampu membuat bibir lebih lembut.

Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah. Pertama, oleskan selai kacang di seluruh area bibir. Setelah itu, diamkan selama semalaman. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan langkah-langkah tersebut secara rutin.

Lidah Buaya

Salah satu cara mengatasi bibir kering adalah dengan memanfaatkan lidah buaya.

Cara mengatasi bibir kering berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memakai lidah buaya. Bahan alami itu bisa melembabkan dan melawan infeksi karena mengandung antiinflamasi. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur. Di pagi hari, bilas dengan air.

Baca Juga: Sederet manfaat nanas untuk kesehatan: melembabkan bibir sampai menguatkan tulang

Teh Hijau

Mengutip dari Firstcry.com, bibir kering bisa teratasi dengan memanfaatkan teh hijau. Kemampuan itu berasal dari kandungan antioksidan yang terdapat dalam jenis teh itu. Selain itu, tannin dalam teh hijau pun mampu menutrisi kulit sehingga bibir kering bisa dicegah.

Anda perlu merendam kantung teh dalam air panas selama beberapa menit terlebih dahulu. Setelah itu, letakkan kantung teh hijau di atas bibir. Supaya hasilnya bisa maksimal, usahakan untuk melakukan cara tersebut setiap hari.

Selanjutnya: 4 Pelembab untuk kulit kering ini dari bahan alami, lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru