4 Cara menghilangkan ketombe ini mudah dipraktikkan, lo

Selasa, 15 Juni 2021 | 12:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan ketombe ini mudah dipraktikkan, lo

ILUSTRASI. Ada beragam cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda jadikan pilihan. Salah satunya dengan bahan alami.

KONTAN.CO.ID - Selain menimbulkan rasa gatal, kemunculan ketombe bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius. Misalnya, infeksi pada kulit kepala. Maka dari itu, cara menghilangkan ketombe perlu segera Anda lakukan.

Berbagai macam faktor berpengaruh pada kemunculan ketombe. Mulai dari produksi minyak di kulit kepala yang berlebih, kulit kepala kering, sensitif terhadap produk perawatan rambut tertentu, hingga infeksi jamur.

Beberapa bahan alami berikut ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi ketombe dan masalah kesehatan rambut yang lain. Namun, bahan-bahan ini hanya bersifat sementara, ya.

Jika ketombe tak kunjung hilang, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Minyak kelapa

Melansir Kama Ayurveda, minyak kelapa efektif mengatasi kulit kering sehingga kemunculan ketombe bisa berkurang.

Anda hanya perlu memijat kulit kepala dengan beberapa sendok minyak kelapa lalu diamkan dulu selama 30 menit. Kemudian, gunakan sampo seperti biasa.

Baca Juga: Kiat menangani rambut rontok akibat infeksi Covid-19

Cuka apel

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe, tak ada salahnya untuk mencoba cuka apel. Cuka apel efektif menyeimbangkan pH kulit kepala dan membersihkan sel kulit mati.

Tak hanya itu, cuka apel juga mampu melawan infeksi jamur. Pertama-tama, campur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Gunakan air campuran itu beberapa menit sebelum Anda mencuci rambut dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Lemon

Kama Ayurveda merekomendasikan lemon untuk membersihkan ketombe. Zat asam yang terkandung dalam buah tersebut mampu melawan infeksi jamur penyebab ketombe dan mengurangi produksi minyak di kulit kepala.

Caranya, pijat kulit kepala dengan 2 sdm air perasan lemon. Diamkan dulu selama beberapa menit lalu bilas dengan segelas air yang sudah dicampur dengan 1 sdt air perasan lemon.

Lakukan langkah tersebut sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: 4 Rekomendasi vitamin rambut yang berasal dari bahan alami

Lidah buaya

Memanfaatkan lidah buaya bisa jadi cara menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe berikutnya yang sebaiknya tak Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Antibakteri dan antijamur yang terkandung dalam bahan alami itu efektif mengatasi kulit kepala yang meradang akibat ketombe.

Anda bisa menggunakan daging lidah buaya secara langsung pada kulit kepala dan rambut. Selain itu, memakai produk perawatan rambut, seperti sampo, yang terbuat dari lidah buaya juga bisa Anda jadikan opsi.

Selanjutnya: Cari cara menebalkan rambut? Pakai 5 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru