Kiat menangani rambut rontok akibat infeksi Covid-19

Rabu, 26 Mei 2021 | 04:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kiat menangani rambut rontok akibat infeksi Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seseorang yang menderita Covid-19 berpotensi mengalami banyak masalah kesehatan. Selain mengganggu kesehatan sistem pernapasan, Covid-19 mengakibatkan penderitanya mengalami rambut rontok. Jika Anda mengalaminya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), 22% pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami rambut rontok enam bulan setelah terinfeksi penyakit tersebut. Hal itu terjadi karena Virus Corona menyebabkan tubuh stres dan cemas.

Kondisi rambut rontok akibat tingkat stres yang terlalu tinggi disebut dengan istilah telogen effluvium. Anda tidak perlu khawatir karena telogen effluvium hanya terjadi dalam waktu singkat atau sementara.

Selain diakibatkan oleh stres, telogen effluvium juga bisa terjadi akibat tubuh yang kekurangan nutrisi. Apalagi selama sakit, nafsu makan Anda bisa mengalami penurunan sehingga kemampuan tubuh menyerap nutrisi pun berkurang.

Baca Juga: Ingin menghilangkan ketombe? Gunakan 4 bahan ini

Melansir Health Shots, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi rambut rontok setelah terinfeksi Virus Corona. Pertama, tingkatkan asupan vitamin D. namun, pastikan untuk mengonsumsinya suplemen vitamin D sesuai dengan arahan dokter, ya.

Kedua, terapkan pola hidup sehat. Biasakan untuk olahraga selama 30 hingga 60 menit sebanyak lima kali dalam satu minggu. Selanjutnya, pastikan tubuh Anda mendapat waktu istirahat yang cukup. Tidurlah selama tujuh hingga delapan jam per malam.

Baca Juga: Mengenal Beaus Line, efek infeksi virus corona yang muncul di kuku

Supaya tingkat stres dalam tubuh berkurang dengan lebih cepat, akan lebih baik jika Anda melakukan kegiatan-kegiatan relaksasi, misalnya meditasi atau yoga. Dengan rutin melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, efek infeksi Virus Corona bisa hilang.

Tidak berhenti sampai di situ, rambut rontok juga bisa berkurang dengan meningkatkan asupan protein. Cobalah untuk mengonsumsi telur atau sumber protein lain secara rutin. Supaya rambut rontok bisa teratasi dengan lebih maksimal, tidak ada salahnya untuk meminta pertolonga dokter atau ahli kesehatan yang sesuai.

Selanjutnya: 4 Masker rambut terbaik dari bahan alami, mau coba?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru