4 Cara menghilangkan kutu rambut ini bisa Anda coba di rumah

Rabu, 24 November 2021 | 14:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan kutu rambut ini bisa Anda coba di rumah

ILUSTRASI. Anda bisa mencoba beberapa bahan alami sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kutu rambut bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Nah, ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang bisa langsung Anda coba di rumah. Dengan begitu, keberadaan kutu rambut dapat berkurang sehingga risiko infeksi pun dapat Anda hindari.

Melansir Health (health.com), ada tiga jenis kutu yang bisa menyerang Anda, yaitu telur kutu, kutu muda, dan kutu dewasa. Anda perlu menyingkirkan tiga jenis kutu itu supaya keberadaan kutu bisa benar-benar hilang.

Di bawah ini, Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis bahan supaya keberadaan kutu dapat Anda singkirkan. Apabila kutu tak kunjung hilang setelah Anda melakukan beberapa cara di bawah ini, usahakan untuk segera pergi ke dokter supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Minyak Zaitun

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat kutu adalah minyak zaitun. Supaya hasilnya maksimal, gunakan minyak zaitun pada rambut selama semalaman kemudian tutup rambut dengan shower cap. Di pagi hari, sisir rambut memakai sisir kutu untuk membersihkan kutu yang mati.

Baca Juga: Mudah dilakukan, begini 4 cara menghilangkan kutu rambut

Petroleum Jelly

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah memakai petroleum jelly. Meski memberikan hasil yang cukup efektif, petroleum jelly cukup sulit untuk dihilangkan, jadi Anda perlu berhati-hati ketika memutuskan untuk memakainya.

Langkah yang perlu Anda lakukan tidak rumit. Pertama, aplikasikan petroleum jelly di seluruh bagian rambut dan kulit kepala kemudian gunakan shower cap semalaman. Di pagi hari, cuci rambut untuk membersihkan petroleum jelly. Ulangi langkah tersebut satu minggu kemudian.

Mayones

Mengutip dari Health, Anda bisa menggunakan mayones untuk membasmi kutu. Caranya, oleskan mayones di rambut lalu tutup dengan shower cap. Di pagi hari, cuci rambut sampai bersih kemudian sisir memakai sisir kutu.

Baca Juga: Menurunkan gula darah, ini 7 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang sudah terbukti

Cuka

Salah satu manfaat cuka adalah digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Berikutnya, Anda bisa memakai cuka sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Bukan tanpa alasan, cuka cocok dijadikan penghilang kutu karena memiliki asam asetat dan kandungan lain yang tidak disukai kutu. Sebelum memakainya, jangan lupa untuk mencampurnya dengan air terlebih dahulu, ya.

Beberapa bahan di atas bisa jadi penghilang kutu yang bisa Anda coba. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal Anda, ya. Tujuannya tentu saja agar Anda tak kembali terserang kutu.

Baca Juga: Pakai bahan alami, cara menghilangkan ketombe ini patut Anda coba

Selanjutnya: Konsolidasi sebagai lindung nilai inflasi, harga Bitcoin masih di bawah US$ 60.000

Editor: Belladina Biananda
Terbaru