Mudah dilakukan, begini 4 cara menghilangkan kutu rambut

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dilakukan, begini 4 cara menghilangkan kutu rambut

ILUSTRASI. Ada beragam cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda coba dengan mudah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menimbulkan rasa gatal, kutu rambut juga bisa membuat kulit kepala iritasi. Hal itu dapat semakin parah sehingga cara menghilangkan kutu rambut perlu segera Anda lakukan. Jangan khawatir, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan tidak sulit.

Meski berada di kulit kepala, tapi kutu juga bisa berada di bulu mata dan alis, lo. Beberapa gejala kutu rambut yang perlu Anda waspadai adalah rasa gatal yang terus muncul, sulit tidur, kelenjar getah bening bengkak, luka di kulit kepala yang gatal.

Anda bisa menemukan obat kutu rambut dari bahan-bahan alami berikut ini. Namun, jika rasa gatal dan keberadaan kutu tak kunjung hilang, cobalah untuk membicarakan kondisi Anda ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberikan saran pengobatan yang tepat.

Minyak Zaitun

Melansir Firstcry.com, minyak zaitun bisa membuat kutu rambut mati dan mencegah pertumbuhan telur-telurnya. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak zaitun di seluruh permukaan rambut. Diamkan selama minimal 15 menit kemudian sisir dan bersihkan sisa minyak zaitun dengan sampo.

Baca Juga: Ada banyak obat ketombe dari bahan alami, apa saja?

Bawang Putih dan Jeruk Nipis

Bawang putih dan jeruk nipis berguna sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Memanfaatkan bawang putih jadi cara menghilangkan kutu rambut berikutnya yang perlu Anda coba. Anda perlu mencampur 8-10 siung bawang putih yang telah dihaluskan dengan jeruk nipis. Aduk rata, aplikasikan pada rambut dan kulit kepala selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga bisa Anda gunakan sebagai obat kutu rambut. Caranya, aplikasikan bawang merah yang telah Anda haluskan di rambut dan kulit kepala. Diamkan dulu selama sekitar tiga jam kemudian bersihkan kutu yang mati dan bilas rambut dengan sampo.

Baca Juga: Ini 4 bahan alami yang bisa Anda jadikan obat ketombe

Minyak Kelapa

Lakukan cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa.

Firstcry.com mengatakan bahwa cara menghilangkan kutu rambut juga bisa Anda lakukan dengan minyak kelapa, lo. Setelah mengaplikasikan minyak kelapa di seluruh rambut, tutup kepala dengan shower cap selama 2 jam. Selanjutnya, bersihkan kutu dengan sisir kutu dan cuci rambut dengan sampo.

Setelah rambut kering, kembali aplikasikan minyak kelapa di rambut. Tutup kepala dengan shower cap selama semalaman. Di pagi hari, sisir rambut, bersihkan dengan sampo, dan keringkan rambut. Ulangi langkah tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Pakai bahan alami, begini cara membasmi kutu rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru