4 Hal yang harus dilakukan jika gula darah naik setelah terpapar virus corona

Senin, 19 Juli 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Hal yang harus dilakukan jika gula darah naik setelah terpapar virus corona

KONTAN.CO.ID - Virus corona memang menginfeksi sistem pernapasan Anda. Namun, efeknya juga terasa pada sistem imun dan kondisi kesehatan organ lain dalam tubuh. Salah satu efek Covid-19 yang bisa Anda alami adalah peningkatan jumlah gula darah.

Stres dalam tubuh meningkat saat Anda terinfeksi virus corona. Akibatnya, liver menjadi kurang responsif terhadap insulin sehingga jumlah gula darah pun sulit terkontrol. Tentu saja, kondisi itu tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Supaya masalah gula darah dapat teratasi dengan baik, ada beberapa cara yang perlu Anda coba. Namun, jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan cara-cara ini dengan dokter, ya. Apalagi, jika ada kondisi kesehatan lain yang Anda alami.

Baca Juga: Bisa meningkatkan sistem imun tubuh, ini 5 manfaat teh hijau

Olahraga

Laman E Times menyebutkan, olahraga bisa jadi salah satu cara mengontrol jumlah gula darah. Ada berbagai macam jenis olahraga yang dapat Anda coba, salah satunya yoga. Beberapa gerakan yoga mampu meremajakan sel pankreas sehingga kondisi insulin pun membaik.

Konsumsi sup

Lonjakan gula darah setelah terinfeksi Covid-19 juga bisa Anda atasi dengan mengonsumsi sup. Sup biasanya terbuat dari berbagai macam bahan bergizi. Nah, vitamin, mineral, dan nutrisi yang terkandung dalam sup itulah yang membuat jumlah gula darah menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Jeruk hingga brokoli, ini 10 makanan efektif menurunkan gula darah

Makan kunyit

Mengonsumsi kunyit bisa jadi salah satu cara mengatasi gula darah naik karena infeksi Virus Corona.

E Times merekomendasikan konsumsi kunyit untuk mengontrol jumlah gula darah. Cobalah untuk mengkombinasikan kunyit dengan makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Supaya efeknya lebih terasa, jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan berlemak, ya.

Hindari makanan manis

Menghindari konsumsi makanan dan minuman manis juga baik untuk mengatur jumlah gula darah yang melonjak setelah terinfeksi Covid-19, lo. Jenis makanan itu mengandung banyak karbo yang mampu meningkatkan pembentukan glukosa.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, ini 7 cara mudah mencegah gula darah tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru