4 Masker wajah alami untuk menjaga kesehatan kulit

Kamis, 27 Mei 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Masker wajah alami untuk menjaga kesehatan kulit

KONTAN.CO.ID - Ada banyak jenis perawatan wajah yang bisa Anda coba. Alih-alih menggunakan produk perawatan di klinik kecantikan dengan harga mahal, tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada masker wajah alami.

Selain memiliki harga yang lebih murah, cara mengolah dan menggunakan bahan-bahan alami juga cukup mudah.

Namun, pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu, ya. Aplikasikan masker di satu titik kulit yang tidak mudah terlihat lalu diamkan dulu selama beberapa waktu.

Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Namun, jika kulit menjadi iritasi, Anda bisa menggunakan bahan alami yang lain.

Supaya lebih aman, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan ini.

Oatmeal, yogurt, madu, putih telur

Menurut The Healthy, Anda bisa mengolah oatmeal menjadi masker dengan mudah. Pertama-tama, campur ½ gelas air panas dengan 1/3 gelas oatmeal lalu diamkan dulu selama dua hingga tiga menit.

Kemudian, tambahkan 2 sdm plain yoghurt, 2 sdm madu, dan satu putih telur kecil. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada kulit wajah selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas wajah dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah secara alami ini patut Anda coba

Yogurt

Masker wajah alami juga bisa Anda buat menggunakan yogurt, lo. Bahan alami itu mampu membersihkan dan mengencangkan pori-pori sehingga kulit wajah terlihat lebih sehat.

Anda hanya perlu mengaplikasikan plain yogurt pada wajah selama 20 menit kemudian bilas dengan air.

Stroberi, kacang almond, yogurt

Stroberi dapat diolah menjadi masker wajah alami.

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan The Healthy untuk menjaga kesehatan kulit adalah stroberi, almond, dan yogurt. Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama-tama, tumbuk segenggam stroberi hingga halus.

Selanjutnya, tambahkan 3 sdm kacang almond halus dan 2 sdm plain yoghurt lalu aduk hingga rata. Kemudian, aplikasikan pada kulit wajah selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

Cobalah untuk menggunakan masker itu secara rutin agar Anda bisa mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Efektif, ini 3 cara menghilangkan komedo secara alami

Lemon dan minyak zaitun

Jika Anda mencari masker wajah alami, tidak ada salahnya untuk memilih lemon. Jenis asam yang terkandung dalam lemon mampu membersihkan sel kulit mati secara maksimal.

Dengan begitu, komedo, warna kulit yang tidak rata, dan masalah kulit yang lain bisa teratasi dengan optimal.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Pertama, campur air perasan satu lemon dengan ¼ gelas minyak zaitun. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama minimal 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: Ini 4 moisturizer untuk kulit berminyak dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru