4 Pilihan pemutih ketiak yang mudah untuk Anda dapat

Jumat, 01 Oktober 2021 | 09:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Pilihan pemutih ketiak yang mudah untuk Anda dapat

ILUSTRASI. Bahan-bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai pemutih ketiak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keinginan untuk memakai model baju tertentu sering kali terhambat karena warna kulit ketiak yang gelap. Apabila Anda salah satu orang yang mengalami hal itu, cobalah untuk mencerahkan warna kulit dengan pemutih ketiak dari bahan alami.

Beberapa orang percaya bahwa kulit ketiak yang gelap terjadi karena kebiasaan mencukur bulu ketiak. Ternyata, masih ada faktor lain yang mengakibatkan masalah kulit tersebut, lo. Warna kulit ketiak bisa gelap karena pemakaian deodoran, keringat, dan sel kulit mati yang menumpuk.

Sering mengenak pakaian yang terlalu ketak pun dapat menimbulkan masalah yang sama karena memperbesar risiko gesekan di kulit. Supaya warna kulit tak semakin gelap, cobalah untuk menggunakan pakaian berukuran lebih longgar dan berbahan lembut.

Nah, di bawah ini, Anda akan mendapati beberapa bahan alami yang bisa mencerahkan warna kulit. Lakukan uji coba dulu untuk melihat apakah kulit Anda sensitif terhadap kandungan bahan atau tidak.

Baca Juga: Ini 7 bahan alami yang cocok dijadikan pemutih badan

Lidah Buaya

Bebeautiful.in merekomendasikan lidah buaya sebagai pencerah kulit ketiak. Caranya, gosokkan gel lidah buaya pada kulit secara perlahan. Diamkan dulu selama 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Kunyit, Susu, dan Madu

Kunyit, susu, dan madu dapat Anda manfaatkan sebagai pemutih ketiak.

Kunyit merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pemutih ketiak. Selain itu, antibakteri dalam kunyit juga mampu mengatasi rasa gatal yang muncul. Aduk kunyit, susu, dan madu sampai berbentuk pasta lalu oleskan ke ketiak. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air.

Lemon

Pemutih ketiak bisa dari lemon.

Dengan pemakaian rutin, sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan ketiak hitam bisa dibersihkan dengan lemon. Manfaat itu datang dari kandungan asam asetat yang cukup tinggi. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, potong lemon menjadi dua bagian. Gosokkan potongan lemon itu ke ketiak selama beberapa menit. Setelah lima hingga 10 menit, bersihkan dengan air dingin. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukan langkah itu tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: Perlu Anda perhatikan, inilah 5 penyebab ketiak hitam

Kentang

Kentang juga bisa Anda jadikan pemutih ketiak, lo. Bebeautiful.in menambahkan bahwa kentang juga berfungsi untuk obat gatal. Aplikasikan ekstrak kentang pada ketiak memakai kapas. Setelah didiamkan selama 10 menit, bersihkan dengan air dingin.

Sebagai catatan, ketiak berwarna hitam juga bisa disebabkan karena faktor kesehatan tertentu. Jadi, apabila bahan-bahan di atas tak bisa mencerahkan warna kulit ketiak, jangan ragu untuk mengonsultasikan ketiak hitam dengan dokter, ya.

Selanjutnya: Ingin tahu cara memutihkan ketiak? Manfaatkan 5 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru