5 Cara mengatasi rambut bercabang memakai bahan alami

Kamis, 12 Agustus 2021 | 08:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi rambut bercabang memakai bahan alami

ILUSTRASI. Cara mengatasi rambut bercabang bisa Anda lakukan dengan bahan alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mengatur penampilan saat memiliki rambut bercabang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beragam cara mengatasi rambut bercabang yang dapat Anda jadikan pilihan.

Biasanya, rambut bercabang terjadi karena berbagai macam faktor. Mulai dari menggunakan alat atau produk penata rambut secara berlebihan, paparan sinar matahari, mencuci rambut dengan arir panas, polusi, dan lain sebagainya.

Tentu saja Anda perlu mengatasi penyebab rambut bercabang tersebut. Supaya rambut bercabang bisa tertasi dengan lebih cepat, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami berikut. Jika tidak ada reaksi alergi yang Anda alami, usahakan untuk menggunakannya secara teratur.

Minyak Kelapa

Bahan alami pertama yang direkomendasikan Femina India (femina.in) supaya rambut bercabang hilang adalah minyak kelapa. Caranya, hangatkan minyak kelapa lalu aplikasikan pada rambut. Tutup rambut dengan shower cap selama 30 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Ingin rambut tumbuh lebat? Coba 7 cara ini!

Yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut bercabang? Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Cukup aplikasikan yogurt tanpa rasa dan pemanis pada rambut secara rutin.

Kandungan dalam produk olahan susu itu mampu melembabkan rambut secara maksimal. Menggunakan yogurt juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih di rambut dan kulit kepala. Tidak berhenti sampai di situ, rutin memakai yogurt dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Telur dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut bercabang berikutnya adalah dengan memanfaatkan telur. Protein, lemak, dan kandungan lain dalam telur efektif mengatasi rambut kering dan rusak. Pertama, kocok satu butir telur lalu tambahkan ½ sdt minyak zaitun. Aplikasikan campuran itu pada rambut, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi rambut kering menggunakan bahan alami

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi rambut bercabang.

Mengutip dari Femina India, lidah buaya dapat mengatasi rambut bercabang. Tak hanya itu, menggunakan lidah buaya pada rambut secara rutin efektif membuat rambut terasa lebih lembut dan terlihat berkilau.

Madu

Supaya rambut tak lagi bercabang, cobalah untuk memanfaatkan madu. Kandungan dalam madu mampu melembabkan kulit kepala dan rambut secara maksimal. Sama seperti lidah buaya, memakai madu juga mampu membuat rambut lembut dan berkilau.

Selanjutnya: Awas! Ini 8 kebiasaan yang bisa merusak kesehatan rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru