5 Cara mengatasi rambut kering menggunakan bahan alami

Kamis, 05 Agustus 2021 | 07:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi rambut kering menggunakan bahan alami

ILUSTRASI. Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah memakai bahan alami./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda memiliki rambut kering? Masalah tersebut bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Mulai dari paparan sinar matahari, polusi, atau faktor yang lain. Cara mengatasi rambut kering pun Anda butuhkan supaya kondisi rambut tak memburuk.

Biasanya, rambut kering ditandai dengan ujung rambut bercabang. Meski tidak membahayakan kesehatan, tapi kondisi itu bisa mengganggu penampilan. Rambut kering cenderung sulit diatur dan dirapikan.

Jika Anda mengalami masalah rambut tersebut, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami ini. Jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu untuk menghindari efek samping yang tak Anda inginkan. Jika reaksi alergi tak muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan ini.

Lidah Buaya, Madu, Minyak Kelapa

MBG Lifestyle (mindbodygreen.com) menyebutkan bahwa lidah buaya berperan sebagai kondisioner alami. Dengan pemakaian rutin, bahan alami itu mampu melembabkan dan menutrisi rambut secara maksimal.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur gel lidah buaya dengan madu dan minyak kelapa. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada rambut selama 30 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi rambut rontok, bisa pakai bahan alami

Minyak Kelapa

Cara mengatasi rambut kering berikutnya yang patut Anda coba adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cobalah untuk memakai bahan alami itu tiap sebelum mencuci rambut dengan sampo. Selain menutrisi, minyak kelapa dapat mencegah kerusakan kutikula rambut.

Sama seperti lidah buaya, Anda perlu mengaplikasikan minyak kelapa pada seluruh bagian rambut selama minimal 20 menit lalu bilas dengan sampo. Pastikan untuk benar-benar mencuci rambut sampai bersih, ya. Minyak kelapa yang tertinggal di rambut justru bisa menyebabkan masalah yang baru.

Yogurt

Jika Anda mencari cara mengatasi rambut kering, maka tak ada salahnya untuk menggunakan yogurt. Asam laktat yang terkandung dalam produk olahan susu itu mampu mengunci kelembaban rambut sehingga kondisi kering pun dapat Anda hindari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut kering.

Bahan alami lain yang direkomendasikan MBG Lifestyle supaya rambut tak kering adalah minyak zaitun. Antiinflamasi dalam minyak zaitun mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan folikel rambut. Tidak berhenti sampai di situ, jenis lemak dalam minyak zaitun juga bisa melembutkan rambut.

Baca Juga: Kenali 10 Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja

Telur

Rambut kering juga bisa diatasi dengan telur, lo. Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam bahan alami itu. Mulai dari protein, lemak sehat, dan vitamin. Asam amino dalam telur juga efektif melembutkan dan menjaga rambut dari efek sinar matahari.

Caranya, kocok satu butir telur lalu aplikasikan pada rambut selama minimal 20 menit. Anda bisa menambah jumlah telur jika rambut Anda lebih panjang. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan hangat sebelum mencucinya dengan sampo.

Selanjutnya: 6 Urutan Hair Care Routine Yang Harus Anda Coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru