5 Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya Background Video Call Bisa Diganti-ganti

Selasa, 21 Juni 2022 | 07:23 WIB Sumber: Kompas.com
5 Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya Background Video Call Bisa Diganti-ganti

ILUSTRASI. Agar penggunanya tidak cepat bosan, WhatsApp rutin merilis fitur baru setiap tahunnya. Photographie de Leo PIERRE / Hans Lucas


WHATSAPP - JAKARTA. Agar penggunanya tidak cepat bosan, WhatsApp rutin merilis fitur baru setiap tahunnya. Pada 2022 saja, terhitung setidaknya terdapat 10 fitur baru yang ditambahkan pada lima fitur utama. 

Berikut lima fitur baru WhatsApp yang bisa dicoba seperti yang dirangkum oleh KompasTekno. 

Daftar Fitur WhatsApp terbaru 

1. Ganti background Video Call 

Pada fitur utama Video Call, kini pengguna bisa mengganti gambar background panggilan video dengan warna solid maupun foto tertentu. 

2. Voice Call 

Sebagaimana keterangan tertulis dari WhatsApp yang diterima KompasTekno, Minggu (19/6/2022), di fitur Voice Call (panggilan suara atau telepon), pengguna bakal bisa menemukan sejumlah fitur baru sebagai berikut. 

- Menonaktifkan suara peserta panggilan suara grup 

Saat melakukan panggilan telepon grup, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan suara (Mute) dari pengguna lain.  Dengan fitur ini, pembicaran pada panggilan suara grup WhatsApp jadi bisa lebih teratur. 

Baca Juga: Kini Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Foto Profil & Last Seen dari Kontak Tertentu

- Mengirimkan pesan ke peserta panggilan suara grup 

WhatsApp menambahkan pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke peserta lain saat panggilan suara grup sedang berlangsung. Fitur ini mirip seperti berkirim pesan ke peserta lain di layanan telekonferensi Zoom. 

- Peserta panggilan suara grup hingga 32 orang 

Panggilan suara grup dulu hanya bisa memuat delapan orang peserta. Kini, WhatsApp meningkatkan kapasitas peserta panggilan suara grup menjadi hingga 32 orang. 

3. Voice Message 

Pada fitur Voice Message, terdapat pula beberapa fitur WhatsApp terbaru yang telah ditambahkan. Adapun fitur baru WhatsApp pada Voice Note adalah sebagai berikut. 

- Voice Message Preview 

Saat selesai merekam pesan suara kini, pengguna kini bisa meninjau (preview) atau mendengarkan isinya dulu sebelum dikirim ke ruang obrolan. 

- Out of Chat Playback 

Out of Chat Playback memungkinkan pengguna untuk mendengarkan Voice Message sambil chatting dengan pengguna lain. 

- Pause and Resume Recording 

Perekaman Voice Message kini bisa dijeda (Pause), kemudian dilanjutkan kembali (Resume) sesuai keinginan pengguna. Fitur ini sejatinya telah dipersiapkan sejak sekitar akhir tahun lalu. 

Baca Juga: Panduan Cara Login WhatsApp Web, Mulai dari Scan QR Code hingga Link Alternatif

4. Chat 

Pada fitur berkirim pesan (Chat), WhatsApp juga menambahkan beberapa fitur baru. Adapun fitur baru WhatsApp pada Chat adalah sebagai berikut. 

- Reaction 

Lewat fitur Reaction, pengguna kini bisa membubuhkan reaksi atau tanggapan berupa emoji pada pesan yang diterimanya. 

- Penambahan durasi 

Disappearing Message Opsi durasi penghapusan pesan otomatis pada fitur Disappearing Message dulu hanya 7 hari. Kini, pengguna bisa memilih pesan bakal terhapus otomatis setelah 24 jam atau 90 hari. 

5. Transfer Chat 

Fitur transfer Chat WhatsApp kini ditingkatkan. Dulu, pengguna hanya bisa transfer Chat dari iPhone ke Android. Sedangkan kini, Chat WhatsApp bisa dipindahkan dari Android ke iPhone. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Fitur Baru WhatsApp, Bisa Ganti Background Video Call, Sudah Coba?"
Penulis : Zulfikar Hardiansyah
Editor : Zulfikar Hardiansyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru