5 Khasiat bawang putih, tak hanya jadi obat hipertensi

Jumat, 05 November 2021 | 08:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Khasiat bawang putih, tak hanya jadi obat hipertensi

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak khasiat bawang putih untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bawang putih memang memiliki aroma yang cukup menyengat. Namun, ada banyak khasiat bawang putih yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, lo. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mencampurnya dengan bahan bergizi yang lain.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi bawang putih terlalu banyak, ya. Makan bawang putih terlalu besar justru bisa memicu diare dan heartburn atau sensasi terbakar di sekitar perut, dada, hingga tenggorokan.

Ada beberapa nutrisi penting yang bisa Anda temukan dalam bawang putih. Mulai dari antiinflamasi, antikanker, antioksidatif, hingga antibakteri. Nah, dengan konsumsi rutin, nutrisi itu bisa memberikan manfaat berikut ini.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Anda tentu tak ingin mudah terinfeksi penyakit, kan? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi bahan alami yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Hal itu bisa Anda dapat dengan mengonsumsi bawang putih.

Baca Juga: Penuh antioksidan, Ini jus buah dan sayur yang bikin kolesterol minta ampun

Menurunkan Gula Darah

Salah satu khasiat bawang putih bisa dijadikan penurun gula darah.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa bawang putih bisa menurunkan gula darah. Artinya, bawang putih bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika Anda tertarik dengan bahan alami itu, usahakan untuk mengonsumsinya secara teratur dan jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter.

Mencegah Tanda Penuaan

Garis halus, kerutan, dan noda hitam di kulit adalah beberapa tanda penuaan yang bisa Anda alami. Dengan mengonsumsi bawang putih, tanda-tanda penuaan itu bisa Anda cegah. Khasiat bawang putih tersebut datang dari antioksidan dan kandungan lain yang ada di dalamnya.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat bawang putih adalah menurunkan tekanan darah tinggi.

Apakah Anda penderita hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi? Jika iya, cobalah untuk teratur makan bawang putih. Mengutip dari Medical News Today, kandungan dalam bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sehingga risiko penyakit jantung dan penyakit lain dapat Anda hindari.

Baca Juga: Mudah didapat! Ini bahan alami perontok asam urat tinggi

Penurun Kolesterol

Khasiat bawang putih berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah bahan alami itu dapat digunakan sebagai penurun kolesterol. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah pun menjadi lebih stabil.

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang bisa Anda dapatkan. Supaya efek yang Anda rasakan lebih maksimal, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa meminta saran dokter tentang hal tersebut.

Selanjutnya: 5 Bahan alami ini bisa jadi obat sesak nafas, sila Anda konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru