5 Makanan ini bisa jadi cara menurunkan gula darah, lo

Sabtu, 10 Juli 2021 | 10:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan ini bisa jadi cara menurunkan gula darah, lo

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai macam cara menurunkan gula darah yang bisa Anda praktikkan. Salah satunya adalah dengan mengatur makanan apa yang Anda konsumsi sehari-hari.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap tubuh. Dengan begitu, lonjakan jumlah gula darah dalam tubuh dapat Anda hindari.

Tentu saja ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meski demikian, cobalah untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi makanan-makanan ini.

Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak Anda inginkan. Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Buah

Mengutip dari Medical News Today, mayoritas buah yang bisa Anda konsumsi memiliki indeks glikemik di bawah angka 55. Angka tersebut dapat bertambah saat tingkat kemasakan buah meningkat.

Mengolah buah menjadi jus juga bisa meningkatkan indeks glikemik. Alasannya karena saat menjadi jus, ada banyak serat di kulit dan biji yang terbuang.

Maka dari itu, usahakan untuk langsung mengonsumsi buah agar manfaatnya bisa Anda dapat dengan maksimal.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, Anda mesti waspada!

Oatmeal

Cara menurunkan gula darah selanjutnya juga bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi oatmeal. Oatmeal memiliki indeks glikemik di bawah 55 sehingga tak mengakibatkan lonjakan gula darah dalam tubuh.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi oatmeal dalam jumlah banyak. Satu gelas oatmeal mengandung 28 g karbohidrat, jadi sebaiknya Anda mengonsumsi oatmeal dalam jumlah yang terkontrol.

Bawang putih

Salah satu manfaat bawang putih adalah digunakan sebagai cara menurunkan gula darah.

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi bawang putih agar jumlah gula darah lebih terkontrol. Senyawa yang terdapat dalam bahan alami itu efektif meningkatkan sensitivitas insulin sehingga jumlah gula darah dalam tubuh dapat berkurang.

Baca Juga: Ingin menurunkan gula darah secara alami? Ini 5 cara mudahnya

Yogurt

Mengonsumsi yogurt juga bisa jadi cara menurunkan gula darah yang bisa Anda pilih. Namun, pastikan untuk mengonsumsi plain yogurt karena jenis yogurt itu memiliki indeks glikemik di bawah angka 55.

Hindari pula jenis yogurt yang manis atau memiliki rasa karena biasanya mengandung lebih banyak gula.

Ubi jalar

Gula darah dalam tubuh bisa lebih terkontrol saat Anda rutin mengonsumsi ubi jalar. Tak hanya memiliki angka indeks glikemik yang rendah, ubi jalar juga sangat bernutrisi sehingga kebutuhan tubuh dapat terpenuhi.

Selanjutnya: Bisa membantu menurunkan gula darah, ini manfaat daun sirih merah untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru