5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui Orang

Jumat, 04 Maret 2022 | 12:53 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui Orang

ILUSTRASI. Manfaat kopi bagi kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Kopi adalah satu jenis minuman yang sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Ternyata, Kopi menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan, lo, dan belum banyak diketahui.

Hal tersebut tentunya menjadi kabar baik bagi para pecinta kopi. Selain punya rasa yang nikmat saat diminum, kopi juga mengandung cukup banyak nutrisi, seperti vitamin B2, vitamin B5, kalium, dan magnesium. 

Namun, manfaat kopi bagi kesehatan masih menjadi pro dan kontra bagi sebagian pihak. Serta perlu Anda ketahui, meski mengandung manfaat, tetap tidak boleh terlalu banyak minum kopi karena justru akan menimbulkan efek tidak baik bagi kesehatan. 

Melansir dari Health, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi kopi: 

1. Meningkatkan mood

Manfaat minum kopi yang pertama adalah dipercaya dapat meningkatkan mood atau membuat seseorang jadi lebih bahagia. 

Studi Harvard mencatat, lebih dari 50.000 wanita menemukan risiko depresi menurun karena konsumsi kopi berkafein meningkat.

Baca Juga: 6 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami, Efektif dan Ampuh Meredakan Pilek

2. Kopi mengandung antioksidan

Kopi adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. Oleh karena itu, tidak heran kopi mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Selain itu, asam klorogenik, polifenol yang berlimpah dalam kopi, terbukti mengurangi peradangan, dan mungkin memainkan peran kunci dalam perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Sebuah meta analisis 2018 dari 30 penelitian menyimpulkan, konsumsi kopi berbanding terbalik dengan risiko diabetes tipe 2. Peneliti menemukan,  kemungkinan mengembangkan penyakit menurun sebesar 6% untuk setiap cangkir per hari peningkatan konsumsi kopi. 

Para ilmuwan mengatakan, kemungkinan alasan untuk manfaat tersebut termasuk efek antioksidan dan antiinflamasi dalam kopi. Meski demikian, Anda tetap harus menghindari minum kopi yang mengandung gula tambahan atau buatan.

Baca Juga: Cari Pelembap Kulit? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Cocok untuk Jadi Moisturizer

4. Mencegah kanker

Manfaat mengonsumi kopi lainnya adalah dipercaya mampu mencegah tumbuh sel-sel kanker tertentu.

Studi menunjukkan, konsumsi kopi dapat melindungi terhadap kanker tertentu, termasuk kanker payudara, kolorektal, endometrium, dan prostat, serta penyakit jantung dan penyakit Parkinson.

5. Meningkatkan kinerja otot

Selain dapat mencegah kanker, manfaat kopi lainnya dipercaya mampu meningkatkan kinerja otot untuk berolahraga. Beberapa penelitian telah menunjukkan, dalam jumlah sedang, kafein meningkatkan kinerja atletik. 

Efeknya termasuk peningkatan sirkulasi, peningkatan kekuatan otot, daya tahan, dan kekuatan, ditambah berkurangnya rasa sakit. Itu dapat membantu Anda mendorong sedikit lebih keras selama olahraga.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi kopi yang belum banyak diketahui orang. Meski demikian, jangan mengonsumsi kopi berlebihan apalagi yang mengandung pemanis buatan karena berbaha bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru