5 Obat Alami yang Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan, Mau Coba?

Rabu, 13 Juli 2022 | 11:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Obat Alami yang Ampuh Meredakan Sakit Tenggorokan, Mau Coba?

ILUSTRASI. Air garam adalah salah satu obat alami yang ampuh meredakan sakit tenggorokan.


KONTAN.CO.ID - Sakit tenggorokan adalah gangguan kesehatan yang cukup mengganggu karena membuat penderitanya kesulitan untuk makan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa obat alami yang bisa Anda manfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Hal tersebut dikarenakan adanya infeksi akibat atau peradangan di area tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Tidak usah khawatir, sakit tenggorokan bisa diatasi dengan berbagai cara. 

Salah satu cara mengobati sakit tenggorokan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan obat. Meski demikian, disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter atau tenaga medis agar menghindar efek samping dan memaksimalkan pengobatan sakit tenggorokan tersebut.

Baca Juga: Ini Kadar Kolesterol Normal Bagi Pria dan Wanita Berdasarkan Usia, Wajib Tahu!

Melansir dari Penn Medicine, ada beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Air Garam 

Selain perasan lemon, campuran garam dan air hangat juga mampu meredakan sakit tenggorokan. Pasalnya, air garam mampu melawan bakteri dan melancarkan tenggorokan. 

Teh Hijau

Cara mengobati sakit tenggorokan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Salah satu teh herbal tersebut cukup efektif meredakan sakit tenggorokan. 

Pasalnya, teh hijau mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah dan mengobati infeksi atau peradangan di tenggorokan.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Jadwal, Daftar Negara dan Pembagian Grup

Madu 

Bahan alami yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan salah satunya, madu. Madu memang mempunyi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan antibakteri dalam madu mampu mengobati sakit tenggorokan juga loh. Anda bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh herbal. 

Air Putih

Jangan salah air putih juga dapat membantu mengobati rasa sakit tenggorokan. Pasalnya, jika Anda mengalami dehidrasi produksi lendir akan meningkatkan sehingga menyebabkan tenggorokan semakin sakit atau tidak nyaman. 

Oleh karena itu dengan memperbanyak minum air putih bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Serta disarankan untuk meminum air putih hangat agar tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: Cara Download Convert Video Youtube Jadi MP4 dan MP3 Melalui YTMP3 Gratis

Lemon 

Anda bisa memanfaatkan lemon untuk mengobati sakit tenggorokan. Kandungan dalam lemon dipercaya dapat mengencer lendir di tenggorokan. 

Selain itu lemon juga banyak mengadung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun sehingga infeksi sakit tenggorokan bisa cepat sembuh. Anda hanya tinggal mengkonsumsi campuran perasan lemon dengan air hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru