5 Obat nyeri lutut untuk bantu kurangi rasa sakit

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat nyeri lutut untuk bantu kurangi rasa sakit


KESEHATAN - Nyeri lutut adalah salah satu kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda jadikan obat.

Sebab, tak hanya orang tua, orang dewasa dan anak-anak pun bisa mengalami nyeri lutut karena berbagai macam hal. Kecelakaan atau kondisi kesehatan tertentu dapat membuat bagian lutut terasa sakit.

Tentu saja, kondisi itu bisa mengakibatkan gangguan pada aktivitas Anda sehari-hari. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin masalah kesehatan menjadi lebih parah.

Beberapa bahan alami di bawah ini memang bisa mengurangi rasa sakit di lutut, tapi hanya bersifat sementara. Jika rasa sakit yang Anda alami tak kunjung hilang, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Cuka apel

Mengutip dari E Times, antiinflamasi yang terkandung dalam cuka apel mampu mengurangi peradangan di lutut. Dengan begitu, rasa sakit yang Anda alami pun dapat berkurang.

Cuka apel akan melumasi sendi di lutut sehingga memudahkan Anda untuk menggerakkannya. Caranya, campur ½ gelas cuka apel dalam segelas air. Minum air campuran itu tiap sebelum tidur di malam hari.

Baca Juga: Turunkan asam urat, coba konsumsi 14 makanan dan minuman penurun asam urat ini

Kunyit

Nyeri lutut juga bisa Anda atasi dengan memanfaatkan kunyit, lo. Sama seperti cuka apel, jenis rempah itu mengandung antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan.

Anda hanya perlu merebus kunyit dalam susu selama minimal 12 menit kemudian minum campuran itu secara rutin.

Essential oil

Memijat bagian lutut menggunakan essential oil bisa jadi salah satu cara mengurangi rasa sakit. Tidak hanya itu, rasa kaku di sekitar lutut juga bisa jadi bisa mereda. Anda bisa memilih essential oil apa pun yang Anda sukai.

Baca Juga: Sebaiknya dihindari, kadar asam urat dalam darah bisa naik akibat 6 makanan ini

Jahe

Jahe bisa jadi obat nyeri lutut, lo.

Supaya nyeri lutut dapat hilang, tak ada salahnya untuk menggunakan jahe secara teratur. Gingerol dalam jahe berperan sebagai antiinflamasi yang mampu meredakan inflamasi.

Anda bisa menggunakan jahe dalam bentuk apa pun, misalnya minyak jahe, mengonsumsi jahe mentah, atau minum air rebusan jahe.

Garam epsom

Selain beberapa bahan alami yang telah disebutkan, sakit lutut bisa Anda atasi menggunakan garam epsom. Caranya, campur satu sendok garam epsom dalam air. Kemudian, gunakan air itu untuk berendam selama 30 menit.

Selanjutnya: 3 Makanan yang bisa membantu meredakan nyeri lutut akibat radang sendi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru