5 Obat sakit gigi dari bahan alami, Anda bisa coba

Senin, 22 Maret 2021 | 19:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat sakit gigi dari bahan alami, Anda bisa coba


KESEHATAN - Hampir setiap orang pernah mengalami sakit gigi. Supaya kondisi tak semakin parah, ada beberapa obat sakit gigi yang bisa Anda gunakan.

Anda bisa memilih obat yang dijual di apotek. Selain itu, Anda pun dapat memilih bebebrapa bahan alami untuk meredakan sakit gigi yang Anda alami.

Namun, jika rasa sakit yang Anda alami tak kunjung sembuh, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi, jika sakit yang Anda rasakan disertai dengan gejala lain yang lebih parah.

Bahan-bahan alami berikut ini cocok digunakan untuk meredakan rasa sakit ringan. Jadi, Anda tetap perlu memerhatikan perkembangan kondisi yang Anda alami.

Baca Juga: 4 bahan alami ini cocok dijadikan obat gusi bengkak

Garam

Larutan garam adalah salah satu obat sakit gigi yang cukup efektif dan sudah sering digunakan oleh banyak orang. Selain meredakan rasa sakit, larutan garam juga efektif mengurangi pembengkakan.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, campur 1 sdt garam ke dalam segelas air hangat.

Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi cara itu sebanyak beberapa kali dalam sehari sampai sakit gigi berkurang.

Kompres dingin

Mengutip dari Reader’s Digest, kompres dingin jadi salah satu cara meredakan sakit gigi yang cukup populer. Anda hanya perlu membungkus beberapa es batu dalam sekantung plastik lalu lapisi lagi dengan handuk atau kain.

Gunakan kompres tersebut pada area gigi yang sakit selama minimal 15 menit. Hal itu perlu Anda lakukan supaya rasa sakit berkurang. Anda bisa melakukan cara tersebut beberapa kali dalam satu hari sampai rasa sakit hilang.

Baca Juga: Air rebusan sereh dan daun sirih bermanfaat meredakan sakit gigi

Teh herbal

Obat sakit gigi juga bisa berasal dari teh herbal, lo. Reader’s Digest merekomendasikan teh peppermint untuk mengurangi sakit gigi. Anda hanya perlu merebus jenis teh tersebut. Setelah didiamkan beberapa saat hingga dingin, gunakan teh tersebut untuk berkumur.

Minyak cengkih

Minyak cengkih bisa Anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi.

Bahan alami berikutnya yang cocok digunakan untuk meredakan sakit gigi adalah minyak cengkih. Kandungan dalam bahan alami itu mampu membuat sistem saraf di sekitar gigi bermasalah mati rasa sehingga rasa sakit berkurang.

Pertama-tama, beri kapas dengan beberapa tetes minyak cengking lalu aplikasikan pada gigi yang bermasalah.

Selanjutnya: 4 obat sakit gigi dari bahan alami ini cocok digunakan anak-anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru