5 Obat sesak nafas dari bahan alami, bisa Anda coba

Kamis, 25 Maret 2021 | 19:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat sesak nafas dari bahan alami, bisa Anda coba


KESEHATAN - Ada banyak penyakit yang ditandai dengan sesak napas, salah satunya adalah asma. Obat sesak nafas perlu segera Anda gunakan supaya kondisi kesehatan tak semakin parah.

Namun, jika kondisi itu terus terjadi dan tidak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Sesak napas bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Misalnya, kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, atau perokok pasif.

Tidak hanya menghindari faktor-faktor pemicu sesak napas tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami. Mulai dari madu, bawang putih, hingga kunyit.

Bahan-bahan tersebut berguna untuk mengatasi sesak napas. Selain itu, kandungan dalam bahan-bahan alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bahan alami yang berguna untuk meningkatkan aroma dan rasa dari suatu masakan. Namun, manfaat bawang putih tidak berhenti sampai di situ, lo.

Mengutip dari laman Pharmeasy, bawang putih mengandung antiinflamasi. Dengan begitu, saluran pernapasan yang membengkak atau meradang bisa berkurang sehingga sesak napas bisa teratasi dengan baik.

Cobalah untuk mengkombinasikan bawang putih dengan makanan bergizi yang lain supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

Baca Juga: Faktor penyebab penyakit susah tidur yang perlu diwaspadai

Kunyit

Obat sesak napas selanjutnya yang bisa Anda pakai adalah kunyit. Apalagi jika sesak napas yang Anda alami terjadi akibat alergi.

Kunyit mengandung antialergi yang mampu meredakan peradangan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kunyit secara rutin.

Jahe

Sesak napas juga bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe. Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan, jahe memiliki banyak antiinflamasi yang efektif mengatasi sesak napas.

Selain mencampurnya dalam makanan, Anda juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman.

Baca Juga: Sering sesak nafas saat asam lambung naik? Begini cara mengatasinya

Kafein

Mengonsumsi kopi bisa jadi salah satu obat sesak nafas.

Pharmeasy merekomendasikan kafein untuk mengatasi sesak napas. Ada banyak sumber kafein yang bisa Anda coba. Mulai dari kopi, teh, hingga cokelat.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan itu dalam keadaan hangat supaya saluran pernapasan yang tersumbat bisa segera hilang.

Madu

Madu termasuk dalam obat sesak napas yang tidak boleh Anda lewatkan. Tak hanya itu, madu juga berguna untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Anda hanya perlu minum air hangat atau teh yang dicampur dengan madu selama beberapa hari hingga sesak napas hilang.

Selanjutnya: Anak sering batuk malam hari, ini obat dan penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru