5 Penyebab Perut Buncit yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

Kamis, 30 Juni 2022 | 10:43 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Penyebab Perut Buncit yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

ILUSTRASI. Perut Buncit.


KONTAN.CO.ID - Perut buncit biasanya akan membuat rasa percaya diri berkurang karena menggangu penampilan. Penyebab perut buncit sendiri dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Umumnya, salah satu penyebab utama perut buncit adalah gaya hidup yang kurang baik. Sehingga Anda juga perlu waspada, pasalnya perut buncit juga bisa menjadi tanda dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan atau berbagai penyakit. 

Penumpukan lemak juga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Adanya penumpukan lemak pada perut itu juga terjadi karena beberapa faktor, seperti jarang olahraga ataupun asupakan makan yang kurang sehat. 

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Piala Presiden 2022: Dimulai Persib Bandung VS PSS Sleman

Hal tersebut sangat berisiko menimbulkan penyakit seperti kolesterol tinggi, asam lambung, stroke, penyakit jantung dan lain-lain

Merangkum dari Healthline, terdapat beberapa faktor penyebab perut buncit yang sebaiknya Anda hindari, di antaranya: 

Kurang Tidur

Setelah stres, kurang tidur juga merupakan salah satu penyebab perut buncit. Pasalnya kurang tidur sangat berpengaruh terhadap jumlah lemak di area perut. 

Terdapat penelitian, bahwa kurang tidur dari lima jam perhari dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Stres

Tahukah Anda bahwa stres bisa menjadi penyebab perut buncit? Hal tersebut benar, pasalnya saat Anda stres keinginan untuk makan menjadi lebih meningkat. Oleh karena itu Anda akan cenderung kesulitan menjaga pola makan sehat. 

Baca Juga: Mampu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi, Simak 5 Manfaat Singkong Berikut

Jarang Olahraga 

Jarang olahraga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Pasalnya hal tersebut menjadi faktor terjadinya penumpukan lemak pada perut.

Untuk menghilangkan lemak yang sudah membuat perut buncit, Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga seperti lari, workout dan olahraga kardio lainnya. 

Makanan Berlemak

Penyebab perut buncit juga karena terlalu banyaknya asupan makanan berlemak jahat. Hal tersebut sangat berisiko terjadinya penumpukan lemak. 

Apalagi jika Anda makan untuk berolahraga. Untuk menghilangkan perut buncit hindari makanan berlemak jahat dan perbanyak makanan berserat seperti buah-buahan atau sayuran. 

Baca Juga: Nyeri Dada Sebelah Kiri? Kenali 5 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

Bertambahnya Usia 

Tidak bisa dipungkiri bertambahnya usia biasanya seseorang cenderung mengurangi berbagai aktivitas. Hal tersebut bisa menjadi penyebab perut buncit juga loh. 

Namun, hal tersebut bisa dihindari jika menerapkan pila hidup sehat hingga usia lanjut. Serta tetap melakukan beberapa aktivitas di atas untuk mencegah perut buncit dan tubuh tetap bugar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru