5 Rekomendasi Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Kamis, 30 Desember 2021 | 15:57 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Rekomendasi Kerja Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

ILUSTRASI. Seorang fotografer mencoba Nikon Z7 saat peluncurannya di Jakarta, Rabu (24/10/18). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Bagi mahasiswa mencari kerja sampingan itu cukup penting agar bisa belajar mengelola kebutuhan hidup mandiri. Selain itu, kerja sampingan juga bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan.

Kerja sampingan sebetulnya tidak hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa saja, namun siapapun bisa melakukan kerja sampingan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Umumnya kerja sampingan dilakukan oleh mahasiswa agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya seperti uang jajan, membayar biaya kontrakan, membeli buku dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tips Sukses Melamar Pekerjaan, Perhatikan 5 Hal Berikut

Tidak jarang juga pekerjaan sampingan yang dikerjakan akan menjadi pekerjaan tetap di lain hari.

Berikut ada rekomendasi kerja sampingan yang bisa dikerjakan saat menjadi mahasiswa atau kesibukan lain, diantaranya:

1. Penulis

Menjadi seorang penulis lepas merupakan salah satu kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Di era digital seperti sekarang cukup banyak perusahaan yang membutuhkan jasa seorang penulis lepas untuk berbagai kebutuhan.

Mulai dari berita, artikel, skrip film, iklan, dan masih banyak lagi contoh lain yang berkaitan dengan penulisan. 

Selain itu kerja sampingan menjadi seorang penulis lepas umumnya mempunyai waktu yang cukup fleksibel sehingga bisa jadikan sebagai sampingan namun tetap mendapatkan penghasilan.

2. Fotografer

Selain menjadi penulis, jadi seorang fotografer juga merupakan kerja sampingan yang bisa dipilih. Pasalnya, ada beberapa jobdesk fotografer yang bisa dilakukan saat aktif menjadi mahasiswa. 

Apalagi menjelang tahun 2022 sekarang, perusahaan mempunyai kebutuhan visual yang banyak untuk sosial media, markerplace, berita, pernikahan dan masih banyak lagi hal yang bisa dikerjakan jika menjadi fotografer lepas.

Baca Juga: Tips Membangun Relasi bagi Mahasiswa, Ini Manfaatnya

3. Barista

Rekomendasi kerja sampingan selanjutnya adalah menjadi seorang barista atau pelayan kafe. Barista bisa dijadikan kerja sampingan karena umumnya kafe buka di sore menjelang malam hari.

Selain itu, biasanya kerja samping menjadi seorang barista ada pembagian shift malam dan siang. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membagi waktu kuliah atau kesibukan lain sambil kerja sampingan jadi seorang barista kafe.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru