5 Trik Pencarian Google Search biar Hasil Pencarian Lebih Tepat, Anda Sudah Tahu?

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 06:11 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Trik Pencarian Google Search biar Hasil Pencarian Lebih Tepat, Anda Sudah Tahu?

ILUSTRASI. 5 Trik Pencarian Google Search Biar Hasil Pencarian Lebih Tepat, Anda Sudah Tahu? REUTERS/Dado Ruvic/Illustration.


TIPS & TRIK - Ragam trik pencarian di Google Search agar pencarian lebih mudah dan efektif, Anda sudah tahu?

Anda pastinya sudah sering mencari berbagai macam informasi melalui Google Search. Saat menggunakan pencarian Google, tidak jarang hasil yang didapat tidak sesuai yang diinginkan. 

Sebab, Google memberikan hasil sesuai dengan kata-kata yang dimasukkan pada kolom pencarian. Jadi, artikel apapun yang mengandung kanta kunci yang Anda masukkan akan muncul. 

Misalnya, Anda ingin membaca profil Universitas Gadjah Mada, lalu memasukkan kata kunci UGM. Hasil yang dimunculkan Google beragam mulai dari sejarah hingga berita terkait UGM. 

Agar pencarian di Google lebih spesifik dan efektif, Anda bisa mencoba tips di bawah ini dihimpun dari Lifehack:

Baca Juga: Siswa Wajib Catat, Ini Link Latihan Soal & Contoh Soal AKM ANBK 2022 Jenjang SMA/SMK

  • Hasil pencarian lebih spesifik

Saat Anda memasukkan kata kunci di Google, hasil pencarian yang muncul pasti sangat beragam. Agar hasil yang muncul lebih spesifik, melansir dari Lifehack, tambahkan tanda petik dua (") pada kata yang dicari. 

Semisal, Anda ingin mencari tentang SNMPTN 2022, jangan lupa tambahkan petik dua diawal dan di akhir frasa. Jadi masukkan "SNMPTN 2022" pada kolom pencarian Google. Hasil yang didapat akan lebih spesifik dengan cara ini. 

  • Mengecualikan suatu kata

Kadang saat mencari di Google, hasil yang Anda dapat melenceng dari apa yang diharapkan. Contoh, saat mencari dengan kata kunci Kijang. Yang diinginkan adalah hewan kijang, tetapi Google menyajikan mobil Toyota Kijang. 

Agar hasil yang didapat adalah hewan kijang, gunakan tanda hubung lalu tulis kata pengecualian setelah kata kunci. Jadi tulis: Kijang -mobil, agar hasil yang kalian dapat adalah hewan kijang bukan mobil merk Kijang. 

  • Mencari artikel di website tertentu

Hasil pencarian Google pasti dari beragam situs. Tidak jarang situs yang Anda inginkan terkubur oleh situs-situs lainnya. 

Untuk mempermudah mendapatkan artikel di situs tertentu jangan lupa tambahkan [site:]

Misalnya, Anda ingin membaca artikel lowongan kerja di Kontan.co.id. Tulis di kolom pencarian Google: Lowongan kerja site:kontan.co.id.

Hasil tersaji di halaman pertama semuanya tentang lowongan kerja di situs Kontan.co.id. 

Baca Juga: Link dan Contoh Latihan Soal AKM Numerasi dan Literasi ANBK 2022 Jenjang SMP

  • Mencari file yang spesifik

Saat ingin mencari bahan pembelajaran dengan format file tertentu, jangan lupa tambahkan [filetype: format file] setelah kata kunci. 

Ambil contoh, ingin mendapatkan file dengan format pdf tentang jantung manusia. Tulis pada kolom pencarian Google: jantung manusia filetype: pdf.

Anda bisa mendapatkan hasil berupa materi jantung manusia dalam bentuk Power Point. 

  • Google Scholar

Sedang mencari jurnal ilmiah atau penelitian? Saat mencari lewat Google biasa, mungkin Anda mendapatkan hasil yang tidak ter-filter dengan baik. 

Pencarian melalui Google biasa kadang tidak memberikan hasil yang spesifik. Jurnal yang disajikan pun terbatas. 

Sebaiknya, Anda mencari jurnal ilmiah melalui Google Scolar. Laman ini memudahkan mahasiswa atau pelajar yang memang menjadi artikel atau jurnal ilmiah. 

Hasil yang disajikan pun lebih spesifik dibandingkan Google biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru